Connect with us

Pendidikan

Akselerasikan Visi dan Misi Bupati, Dispenbud Siap Bidik Peningkatan IPM Bondowoso

Diterbitkan

||

Memontum Bondowoso Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kabupaten Bondowoso, Drs Sugiono Eksantoso, akan meningkatkan IPM (Indek Pembangunan Manusia) masyarakat sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.

“IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat (a long and healthy life), pengetahuan (knowledge) dan standard hidup layak (decent standard of living),” kata Sugiono, Minggu (22/08) tadi.

Baca juga:

Dari tiga hal itu, tambah Dispenbud, salah satunya akan fokus di bidang pengetahuan (knowledge). Targetnya, seluruh warga Bondowoso, minimal harus lulus SMP. Baik yang ada di pedesaan, maupun masyarakat pedesaan yang bermukim di kawasan perkotaan.

Ditambahkan, untuk pengetahuan bisa diukur melalui indikator rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah. Rata-rata Lama Sekolah (RLS) adalah rata-rata penduduk usia 25 tahun ke atas dalam menjalani pendidikan formal. Sedangkan Harapan Lama Sekolah (HLS), didefinisikan sebagai lamanya (tahun) sekolah formal, yang diharapkan akan dirasakan oleh anak Bondowoso pada umur tertentu di masa mendatang.

“Komponen IPM sendiri ada tiga. Angka Harapan Hidup, Angka Melek Huruf (AMH). AMH adalah persentase penduduk usia 15 tahun keatas yang dapat membaca dan menulis huruf latin dan atau huruf lainnya,” kata Sugiono.
Sedangkan RLS, tambahnya, menggambarkan jumlah tahun yang digunakan oleh seluruh warga Bondowoso. Untuk usia 15 tahun ke atas dalam menjalani pendidikan formal. Walaupun, masih dalam situasi Pandemi Covid-19, IPM di Kabupaten Bondowoso, mengalami peningkatan.

Hal ini, tambahnya, sebagaimana yang diapresiasi Fraksi PPP DPRD Bondowoso. Bahwa, IPM merupakan ukuran keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia, yang salah satunya pendidikan. IPM Tahun 2020, IPM Bondowoso meningkat dengan skor 66,43, sementara tahun 2019 di angka 66,09 dan tahun 2018 berada pada angka 65,27. (sam/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *