Connect with us

Kabar Desa

Pemdes Galengdowo Jombang Gelar Kegiatan Vaksinasi

Diterbitkan

||

Memontum Jombang – Pemerintah Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, didukung oleh Puskesmas Wonosalam, menggelar kegiatan vaksinasi. Kegiatan yang berlangsung di Kantor Balai Desa Galengdowo itu, dipantau langsung oleh Kepala Desa Galengdowo, Wartomo, Kamis (26/08).

Kepala Desa Galengdowo, Wartomo, ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi ditujukan kepada warga Galengdowo yang belum pernah melakukan vaksinasi sama sekali. Termasuk, untuk pelaksanaan dosis kedua, untuk warga yang sudah melakukan.

Baca juga:

“Jadi, kegiatan vaksinasi hari ini adalah gabungan antara warga yang akan melakukan vaksin dosis pertama dan dosis kedua. Vaksinasi menggunakan jenis Astrazeneca,” ujar Wartomo

Pemdes Galengdowo nambahkan, kalau pihaknya tidak menargetkan berapa penerima vaksin dalam kegiatan ini. Namun, Pemdes mengundang 300 warga, baik bagi masyarakat yang akan melaksanakan vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. Karena sudah ada sebagian warga yang melaksanakan vaksinasi.

“Pemdes tidak tahu angka pastinya, yang tau angka pastinya adalah pihak Puskesmas. Pemdes hanya memberitahu kepada masyarakat tentang adanya kegiatan vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. Pemdes belum mendapatkan jumlah pastinya dari Puskesmas untuk dosis pertama maupun kedua dalam kegiatan hari ini, yang jelas hampir 75 persen Warga Desa Galengdowo sudah melaksanakan vaksinasi” ungkap Wartomo.

Desa Galengdowo sendiri, terangnya, memiliki total warga sekitar lebih dari 3.000 jiwa yang terbagi dalam lima d. Yakni, Dusun Wates, Sanggar, Plumpong, Galengdowo budug serta Dusun Pengajaran.

Pemdes Galengdowo menghimbau, kepada masyarakat bahwa vaksinasi ini adalah program dari Pemerintah untuk kepentingan masyarakat dalam bidang kesehatan serta untuk pencegahan wabah Covid-19.

“Tujuan utama dari pemerintah adalah agar masyarakat sehat. Wujud dukungan dari Pemdes terhadap program pemerintah kami selalu mengedukasi kepada masyarakat untuk selalu melaksanakan prokes, kita bagikan masker, melaksanakan penyemprotan disinvektan serta mengedukasi masyarakat agar menjaga kesehatan diri sendiri, kesehatan keluarga dan lingkungannya,” tutur Wartomo

Masih menurutnya, terdapat satu warga Dusun Plumbung, Desa Galengdowo, yang sekarang melakukan Isolasi di Rumah Sakit Mojowarno. Hal itu disebabkan, karena ketika melahirkan dinyatakan positif terpapar Covid-19. Pemdes Galengdowo menganggarkan bagi Isoman yang berasal dari anggaran PPKM, baik bagi yang di Rumah Sakit maupun di rumah berupa sembako serta obat-obatan,” ujarnya. (azl/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *