Connect with us

Jember

Dan Lantamal V Surabaya Dorong Pemkab Jember Maksimalkan Potensi Pesisir

Diterbitkan

||

Memontum Jember – Kabupaten Jember memiliki potensi kelautan yang bisa dimanfaatkan pemerintah kabupaten secara maksimal. Potensi itu berada di wilayah pesisir selatan yang juga bagian dari wilayah kerja Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya.

Pihak Lantamal V Surabaya bersedia membantu Pemkab Jember untuk meningkatkan potensi kelautan di wilayahnya.

Dihadapan Bupati Hendy, Danlantamal V Surabaya, Laksamana Pertama Yoos Suryono Hadi, menyampaikan saran agar Pemkab Jember bekerjasama dengan pihak luar negeri untuk penjualan hasil laut.

Baca Juga:

“Pembangunan Cold Storage, bekerjasama dengan luar negeri, (yakni) negara-negara yang bisa menerima hasil laut kita. Perlu dilakukan,” kata Danlantamal V Surabaya Laksamana Pertama di Pendapa Wahyawibawagraha, Rabu (08/09).

Hasil potensi kelautan yang telah ditangkap oleh para nelayan selanjutnya sebelum diekspor akan dipilih dan dipilah. Agar investor tertarik dengan potensi kelautan yang dimiliki di Jember.

“Seperti ikan tuna kalau di Jepang dan Korea sangat bagus, ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan nelayan,” katanya.

Tak hanya terkait potensi kelautan, pihak Lantamal akan berkordinasi dalam hal mitigasi bencana.

“Nantinya kita akan berkoordinasi dengan Pemkab Jember tentang hal ini. Termasuk mitigasi bencana di wilayah pesisir, ini perlu agar masyarakat bisa bertindak dengan cepat saat terjadi bencana di wilayah laut,” sambungnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Jember Hendy Siswanto menyambut baik upaya yang dilakukan Lantamal V Surabaya.

“Untuk di wilayah pesisir soal hasil laut, ini untuk kemaslahatan masyarakat. Soal kebencanaan di laut dan laka laut, kita juga akan dibantu untuk melakukan mitigasi tersebut,” kata Hendy.

Selain bertemu dengan Bupati Hendy, Laksma Yoos Suryono Hadi juga mengunjungi vaksinasi di Ponpes Al Qodiri di, Kelurahan Gebang, Kecamatan Pantrang, Jember. (rio/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *