Connect with us

Pemerintahan

Perumda Tirta Kanjuruhan Buat Bupati Malang Terima Empat Penghargaan di TOP BUMD Award 2021

Diterbitkan

||

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, menerima secara langsung penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2021 dalam ajang TOP BUMD Awards 2021 yang puncak acaranya bertempat di salah hotel di Jakarta, Jumat (10/09) malam.

Penghargaan yang diberikan majalah Top Business selaku penyelenggara ini, sekaligus melengkapi empat penghargaan spesial yang diborong atas nama Pemerintah Kabupaten Malang.

Baca juga:

Tiga penghargaan lainnya itu meliputi Perumda Air Minum Tirta Kanjuruhan sebagai Top of the TOP BUMD 2021, Top BUMD Awards 2021 Bintang Lima dan Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, yang berhasil dinobatkan sebagai TOP CEO BUMD 2021.

Bupati Malang, HM Sanusi, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa penghargaan yang diraih itu buah keikutsertaan Perumda Tirta Kanjuruhan pada kegiatan corporate rating. Tentunya, itu dengan menyajikan keberhasilan-keberhasilan perusahaan yang dilakukan selama ini.

Keberhasilan itu, tambahnya, menyangkut pencapaian target kontrak kinerja pendapatan, jumlah pelanggan, kehilangan air dan opini audit Direksi Periode 2019-2024 dengan Bupati Malang.

Pencapaian target visi menjadi ‘Perumda Terbaik di Jawa Timur tahun 2024’, Kontribusi Perumda kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun masyarakat, Inovasi-inovasi Perumda untuk mendukung keberhasilan Perumda, dan Prestasi Perumda yang dapat digunakan sebagai benchmark bagi PDAM lain.

“Perumda Tirta Kanjuruhan memiliki kinerja BUMD Air Minum Terbaik di Jawa Timur sekaligus Peringkat 3 Tingkat Nasional untuk Kategori Pelanggan lebih dari 100 ribu SR di masa pandemi dan tercatat sebagai Best Practice Program Hibah Air Minum Perkotaan tahun 2021. Prestasi ini tentu akan menjadi motivasi jajaran yang ada di Pemerintah Kabupaten Malang untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Prestasi ini untuk memacu BUMD di Kabupaten Malang untuk lebih berkreasi dan bekerja keras sehingga bisa memberikan terbaik warga Kabupaten Malang. BUMD menjadi tumpuan harapan masyarakat untuk mengembangkan usaha di daerah,” kata Bupati Malang.

Keberhasilan memborong empat penghargan sekaligus dalam Top Business Awards ini, merupakan hasil kerja keras dan kerjasama dari seluruh pihak yang ada di jajaran Pemkab Malang, terutama seluruh pegawai Perusahaan Umum Daerah Tirta Kanjuruhan dan dukungan dari seluruh stakeholder. Mulai dari Dewan Pengawas, DPRD Kabupaten Malang, masyarakat dan semua pihak yang terkait. TOP BUMD Awards adalah kegiatan corporate rating atau penilaian kinerja BUMD terbesar di Indonesia yang memberikan penghargaan kepada BUMD-BUMD Terbaik di Indonesia atas Achivement, Improvement dan Controbution BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Pemkab Malang melalui Perumda Tirta Kanjuruhan berhasil melewati tahapan-tahapan penilaian dan ujian dari tim Dewan Juri. “Saya mengapresiasi penghargaan ini sebagai BUMD terbaik tingkat Nasional. Semoga penghargaan ini bisa memacu untuk pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Malang dan meningkatkan kinerja Perumda Tirta Kanjuruhan. Kegiatan TOP BUMD Awards tahun 2021 diikuti 200 nominasi BUMD terbaik yang sebelumnya sudah diseleksi dari 1.150 BUMD di seluruh Indonesia.

Diharapkan keberhasilan perumda Tirta Kanjuruhan tersebut dapat menjadi rujukan atau benchmarking bagi PDAM perumda lain sehingga dapat bermanfaat untuk direplikasi maupun dikembangkan kembali,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat yang juga menjabat sebagai Dewan Pengawas Perumda Tirta Kanjuruhan.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, mengatakan bahwa capaian itu adalah jerih payah semua pihak. Sehingga, mampu membawa nama Kabupaten Malang, dalam prestasi yang membanggakan.

“Merasa bersyukur dengan penobatan sebagai BUMD terbaik nasional pada TOP BUMD Awards 2021. Keluarga besar Perumda Tirta Kanjuruhan merasa bangga karena selama ini bekerja keras untuk membangun kinerja hingga mendapat QA hasil yang luar biasa. Misi kami meraih terbaik se Jawa Timur di tahun 2024, namun di tahun 2021 sudah mencapai tingkat nasional. Kami akan berusaha mempertahankan dan meningkatkan apa yang sudah diperoleh, serta mampu lebih memberikan manfaat kepada insan Perumda Tirta Kanjuruhan, dan terus meningkatkan kinerja ke depannya,” ujar Syamsul Hadi. (pro/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *