Connect with us

Pemerintahan

Ajang Top BUMD Award 2021, Bupati Trenggalek Dinobatkan jadi Top Pembina

Diterbitkan

||

Memontum Trenggalek – Berkat kepiawaiannya mendorong eksistensi BUMD di daerahnya di tengah pandemi Covid-19, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dinobatkan sebagai Top Pembina BUMD 2021 dalam ajang Top BUMD Award 2021.

Penghargaan ini sendiri diberikan kepada Gubernur/ Bupati/ Wali kota, yang BUMD-nya mendapat penghargaan di predikat bintang tertentu. Dengan dasar penilaian bahwa keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan kepala daerahnya.

Baca juga:

“Alhamdulillah kita bisa mendapatkan penghargaan ini. Yang mana kita tau, BUMD di Trenggalek dalam hal ini PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) mendapatkan bintang 4 dalam ajang ini,” ungkap Bupati Arifin, Senin (13/09) tadi.

Selain itu juga yang patut dibanggakan karena BUMD milik Pemkab Trenggalek ini berhasil menjadi salah satu terbaik, dari lebih 1.150 BUMD di seluruh Indonesia dalam event TOP BUMD Award 2021 tersebut.

“Beberapa upaya dan dukungan diberikan Pemerintah Kabupaten Trenggalek sebagai pemegang saham pengendali PT. BPR Jwalita Trenggalek untuk dapat terus eksis di tengah pandemi Covid-19,” imbuhnya.

“Diantaranya memberikan setoran modal secara kontinyu setiap tahun guna mendukung kegiatan bisnis dan pengembangan jaringan kantor sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di seluruh wilayah,” lanjut Bupati.

Selain itu, masih terang Mas Ipin sapaan akrabnya, juga untuk mendukung program baru diantaranya pemberian kredit kepada ASN yang bersumber dari tambahan penghasilan pegawai.

“Kemudian menyusun regulasi pembayaran Siltap (Penghasilan Tetap) Kepala Desa dan Perangkat Desa agar dapat dibayarkan non tunai melalui PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) sehingga membuka peluang diterbitkannya Kredit Kepala Desa dan Perangkat Desa,” terangnya.

Dijelaskan suami Novita Hardiny ini, kerjasama pembayaran gaji secara non tunai bagi BUMD lain dan tenaga penunjang di OPD

Pemkab Trenggalek melalui PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) ini mampu membuka peluang Kredit Pegawai BUMD dan Non ASN.

Serta kesepakatan pemberdayaan ekonomi dan sosial di Kabupaten Trenggalek, diantaranya kerjasama penyaluran BLT dan bantuan lainnya secara non tunai dengan tujuan meningkatkan eksistensi BPR ini.
Atas upaya-upaya yang dilakukan Bupati Trenggalek dianggap ‘Membangun Kinerja dan Layanan BUMD Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid 19’.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat untuk seluruh komisaris, jajaran direksi dan karyawan. Mewakili pemerintah dan masyarakat Trenggalek, tentunya kami bangga,” kata Bupati.

Ia mengaku senang dengan perkembangan BPR Jwalita, karena konsisten mempertahankan prestasi.
Perlu diketahui, TOP BUMD Award sendiri merupakan kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia.

Ini merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (Kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. (mil/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *