Connect with us

SEKITAR KITA

Angin Kencang, Waspada Pohon Tumbang

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Angin kencang mulai sering terjadi di kawasan Kota Malang dan sekitarnya. Tentunya perlu diwaspadai karena angin kencang bisa mengakibatkan pohon tumbang. Seperti yang terjadi pada Selasa (14/9), diduga karena tidak kuat menahan angin kencang, Pohon Sengon setinggi 5 meter berdiameter 20 centimeter, tumbang.

Pohon Sengon yang berada di belakang Pos Keamanan Lingkungan RT 04 RW 01, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, tumbang sekitar pukul 04.00. Beruntung saat itu jalanan sepi hingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun sempat menutup selokan yang berada di lokasi.

Baca juga:

Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto, mengatakan bahwa dugaan tumbangnya pohon tersebut akibat angin kencang. “Memang ada kaitannya dengan angin kencang dan hujan, karena sekarang ini adalah masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan,” ujar Alie.

Dalam masa pancaroba ini, pohon tumbang ini menjadi salah satu dampak yang sangat memungkinkan. Karena memang ada perubahan suhu, dari musim sebelumnya. Hal ini ditandai dengan anomali cuaca, yakni hujan lebat dan angin kencang.
Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk menghondari aktivitas keluar rumah jika terjadi angin kencang dan hujan lebat.

“Tanda-tanda ini akan terus berlangsung hingga nanti awal Bulan Oktober. Selain itu kami meminta masyarakat untuk waspada, terhadap kejadian pohon tumbang, banjir dan tanah longsor,” ujar Alie. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *