Connect with us

Kota Malang

Petugas Lapas Kelas 1 Malang Dibekali Keahlian Pemadaman Kebakaran

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Mengantisipasi adanya kebakaran, Lapas Kelas 1 Malang terus melakukan pelatihan dan kesiapan petugas. Kali ini, petugas Lapas mendapat pelatihan secara langsung dari ahlinya yakni PMK Kota Malang, Kamis (16/09) tadi.

Perlu diketahui, bahwa kebakaran adalah suatu kejadian yang bisa diakibatkan adanya percikan api yang tidak dapat dikendalikan dan menimbulkan kerugian. Kebakaran bisa saja terjadi di lingkungan Lapas dan terjadi karena korsleting listrik, tabung gas maupun adanya huru-hara.

Baca Juga:

Sebagai bentuk kesiapan, petugas Lapas Kelas 1 Malang bersama PMK Kota Malang, melakukan pelatihan berupa tata cara pemadaman api dan juga melakukan simulasi baik dalam kebakaran skala kecil maupun besar. Hadir langsung dalam kegiatan itu, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, M Teguh Budi Wibowo, bersama anggotanya dengan membawa mobil pemadam lengkap dengan peralatan pemadaman. Pelatihan ini, diikuti oleh seluruh pejabat struktural Lapas Kelas 1 Malang.

“Jenis pelatihan yang diberikan berupa teknik pemadaman api dalam skala kecil maupun besar dengan secara baik dan benar. Serta, penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) tanpa membahayakan keselamatan jiwa,” ujar Kabid Pembinaan Apas Kelas 1 Malang, Sigit Sudarmono.

Pihaknya berharap, dengan adanya pelatihan ini, akan bermanfaat dalam ketrampilan dan kesiapan petugas Lapas Kelas 1 Malang. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, terjalin sinergitas dan koordinasi yang baik antara Lapas Kelas 1 Malang dan Damkar Kota Malang. Sekaligus simulasi ini, dapat menjadi bekal ilmu bagi petugas pengamanan dalam pelaksanaan tugasnya. Paling tidak sebagai langkah awal penanganan bila terjadi kebakaran, agar api tidak sampai membesar,” ujar Sigit Sudarmono. Kepala UPT Damkar Kota Malang, M Teguh Budi Wibowo, mengapresiasi Lapas Kelas 1 Malang dalam pelatihan ketrampilan dalam upaya penanganan kebakaran. “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Lapas Kelas 1 Malang. Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan dan simulasi ini, bisa menjadi bekal ilmu tambahan dalam kehidupan sehari-hari, terutama tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” ujar Teguh. (gie/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version