Connect with us

Pemerintahan

Pantau Vaksinasi di Gedung Sasana Samantha Krida UB Malang, Gubernur Jatim Ajak Nakes Nyanyi Bagimu Negeri

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dan Badan Usaha Kesehatan UB menggelar pelaksanaan vaksinasi, Sabtu (18/09/2021). Rencananya, vaksinasi yang bertajuk ‘Akselerasi Mencapai Target Vaksin Indonesia’, ini akan berlangsung hingga Selasa (21/09/2021) besok.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim, pun turut hadir untuk memantau pelaksanaan vaksinasi dan mengajak Nakes maupun peserta menyanyikan lagu nasional, Bagimu Negeri.

“Tetap akan kita lakukan percepatan vaksinasi. Di mana saja yang bisa diakses. Namun, meski sudah tervaksin jangan lupa protokol kesehatan (Prokes) 5M,” kata Gubernur Khofifah.

Politisi PKB itu menekankan, dalam rangka mengatasi pandemi Covid-19, sangat diperlukan sinergi dari berbagai pihak. “Saat ini, pentahelix penting. Tapi, tetap harus jaga kekompakan dan saling gotong royong demi melandaikan kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya Provinsi Jatim,” tegasnya.

Tidak lupa dalam kesempatan itu, Khofifah mengapresiasi UB sebagai kampus yang sangat gencar bekerjasama dengan pemerintah dalam menyelenggarakan vaksinasi. “Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi UB dalam mendukung program vaksinasi. Tidak hanya di area kampus tapi di berbagai area, karena memang sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Untuk Kota Malang sendiri, dikatakan mantan Menteri Sosial itu, capaian vaksinasi sudah hampir di angka 59 persen. “Tapi tetap kita dorong masyarakat agar semua bisa terakses vaksinasi. Baik dosis pertama maupun kedua,” terangnya.

Di tengah meninjau jalannya vaksinasi, orang nomor satu di Jawa Timur ini juga mengajak para tenaga kesehatan (Nakes) untuk break sejenak. Ternyata, Khofifah mengintruksikan seluruh warga yang berada di dalam Gedung Sasana Samantha Krida UB, tempat berlangsungnya vaksinasi, untuk bersama-sama menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

“Mari, saya ajak para Nakes istirahat sejenak. Begitu juga, semua warga di sini. Kita sama-sama berdiri menyanyikan Bagimu Negeri,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua panitia vaksinasi, dr Muhammad Anshori, menjelaskan bahwa jumlah sasaran digelaran kali ini sebanyak 8000. “8000 itu kita bagi mulai tanggal 18 sampai 21 September 2021. Jadi sehari 2000 orang, terdiri dari alumni maupun mahasiswa UB, masyarakat sekitar, dan anggota keluarga civitas UB,” urainya.

Demi memperlancar vaksinasi dan tidak menimbulkan kerumunan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 200 petugas. “Total 200 petugas. Dimana vaksinator sekitar 30 sampai 60 nakes. Petugas diambil dari RSUB, Klinik UB, Dosen Fakultas Kedokteran, dan civitas akademika,” bebernya.

Untuk peserta, diuraikannya, harus mendaftar ke google form terlebih dahulu. “Kita ada sistem pendaftaran sendiri. Jadi memang harus daftar dulu untuk mendapat dosis pertama vaksin AstraZeneca yang kita salurkan saat ini,” tuturnya. (mus/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *