Connect with us

SEKITAR KITA

Pohon Besar Timpa Mobil di Jalur Gumitir Banyuwangi – Jember

Diterbitkan

||

Memontum Jember – Pohon Kokap besar berdiameter 80 cm dengan lingkar pohon 230 cm, tiba-tiba tumbang di kilometer 33 Jalur Gumitir, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember atau Jalur Jember – Banyuwangi, Minggu (19/09/2021). Selain melintang di badan jalan, akibat kejadian itu, satu unit mobil tertimpa pohon.

Beruntung, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Meski pun, akibat kejadian itu mengakibatkan arus lalu lintas di jalur Gumitir dari dua arah Jember – Banyuwangi, kontan macet total.

Adalah mobil Suzuki Ertiga berwarna putih P 1668 XC yang melaju dari arah Banyuwangi menuju Jember, yang bernasib apes karena tertimpa batang pohon raksasa itu. Semua penumpang di dalam mobil, berhasil selamat karena pohon yang tumbang hanya menimpa bagian kap depan mobil.

Pengemudi mobil, Alif Maulana (38) warga Kabupaten Banyuwangi, dilaporkan mengalami shok dan sempat mendapat pertolongan dari petugas TRC BPBD Jember. “Kejadian pohon tumbang itu terjadi sekitar pukul 10.00, yang lokasinya di Kilometer 33 Jalur Gumitir. Saat kejadian itu, ada satu mobil yang tertimpa pohon. Beruntung, hanya mengenai kap mobil dan tidak ada korban,” kata Kapolsek Silo, AKP Suhartanto, saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Menurut Tanto-sapaan akrab Kapolsek, kejadian pohon tumbang itu diduga karena akar pohon yang sudah rapuh dan tua. “Kondisi saat itu juga diperparah dengan kondisi cuaca di lokasi Jalur Gumitir, sering terjadi angin kencang. Sehingga, menyebabkan pohon raksasa itu tumbang,” tambahnya.

Lebih lanjut Tanto mengurai, kejadian pohon tumbang itu menyebabkan Jalur Gumitir, pun macet dari dua arah. “Karena posisi pohon saat tumbang, itu melintang di badan jalan. Sehingga, menyebabkan arus lalu lintas lumpuh total. Baik dari arah Jember, ataupun sebaliknya (Banyuwangi). Kurang lebih kemacetan itu, terjadi sepanjang 6 kilometer. Dari makam Habib Ali sampai Patung Gandrung (Banyuwangi),” ungkapnya.

Untuk mengurai kemacetan, tambah Tanto, pihaknya bersama relawan dan dibantu petugas TRC BPBD Jember, melakukan pemotongan batang pohon yang tumbang menjadi bagian-bagian kecil. Tujuannya, agar bisa dipindahkan. “Setelah itu, mobil yang tertimpa pohon juga dipinggirkan,” katanya.

Untuk membantu proses kelancaran arus lalu lintas, ujar Kapolsek, pihaknya juga dibantu Satlantas dan Satsabhara Polres Jember. (rio/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *