Connect with us

Pemerintahan

Cak Thoriq Berharap Masyarakat Lumajang Korban Gempa Bersabar Menanti Bantuan BNPB

Diterbitkan

||

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menyampaikan perkembangan bantuan pembangunan rumah bagi korban gempa bumi yang terjadi beberapa bulan yang lalu. Hal itu disampaikan Bupati, Sabtu (25/09/21), saat maresmikan Mushola Darussalam, bertempat di Dusun Halimo, Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari.

Cak Thoriq-sapaan akrabnya mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berupaya untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat agar bantuan pembangunan rumah bagi korban bencana yang mengalami kerusakan dapat terwujud. Sebab, hingga saat ini bantuan dari BNPB masih belum terrealisasi. 

baca juga:

“Saya terus berikhtiar agar supaya anggaran dari Pemerintah Pusat bisa segera turun dan masyarakat bisa membangun rumah kembali,” terangnya.

Dijelaskan Cak Thoriq, masyarakat Dusun Halimo dan Dusun Iburaja, Desa Kaliuling, yang terdampak bencana agar bersabar dan berdoa supaya bantuan tersebut segera terealisasi. Sehingga, masyarakat bisa membangun rumah yang layak huni serta bisa melaksanakan aktivitas normal kembali. 

“Saya mohon doa kepada semua warga yang ada disini dan saya terus berikhtiar agar bantuan segera dicairkan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengapresiasi kepada masyarakat Dusun Halimo serta pihak Forum Zakat Provinsi Jawa Timur, yang telah ikut berpastisipasi dalam pembangunan mushola Darussalam hingga selesai. Harapannya, dengan adanya mushola yang telah dibangun kembali ini, selain digunakan untuk beribadah, Mushola Darussalam juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan keagaaman lainnya. 

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Forum Zakat Jawa Timur yang membangun mushola ini, untuk digunakan kembali oleh masyarakat Desa Kaliuling khususnya di Dusun Halimo,” tuturnya.

Ketua Forum Zakat Provinsi Jawa Timur, Kholaf Hibatullah, menerangkan bahwa pembangunan mushola Darussalam merupakan kolaborasi dari 25 lembaga zakat yang ada di Jawa Timur. Dirinya menyampaikan, selain melakukan pembangunan kembali mushola, pihaknya juga memberikan 400 paket sembako kepada warga yang terdampak bencana di Desa Kaliuling. 

“Semoga bantuan yang telah disalurkan tersebut, bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Kholaf.

Sementara itu, Kepala Desa Kaliuling, Peni Tumitah, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Lumajang dan semua pihak yang tergabung di Forum Zakat Provinsi Jatim, atas kerja kerasnya dalam membantu masyarakat Desa Kaliuling yang terdampak bencana serta telah membantu dalam pembangunan kembali Mushola Darussalam, yang sebelumnya mushola tersebut pernah roboh akibat gempa bumi pada bulan April 2021.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pak bupati dan Forum Zakat Provinsi Jatim dalam membantu masyarakat Desa Kaliuling,” paparnya. (adi/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *