Connect with us

Pemerintahan

Hindari Bahaya Longsor, Bupati Jember Tawarkan Solusi Relokasi ke Warga Rayap

Diterbitkan

||

Memontum Jember – Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto mengunjungi daerah langganan longsor di Dusun Rayap, Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa, Selasa (12/10/2021). Dalam kunjungan ini, Bupati didampingi Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember, Adi Wijaya.

Daerah tersebut berada di pinggir tebing setinggi 10 meter dan jurang dengan kedalaman sekitar 80 meter merupakan daerah pemukiman padat penduduk. Sudah sejak lama daerah tersebut sering mengalami longsor, terlebih saat turun hujan dengan intensitas tinggi.

baca juga

Pada 2019 terdapat tiga rumah warga tertimpa longsor akibat hujan yang cukup deras. Longsor juga terjadi di kawasan tersebut pada 2018, 2017, 2015 dan 2008. “Saya punya solusi kalau mau rumah warga di sini akan saya pindah ke tanah aset milik Pemkab Jember. Karena memang di sini sangat berbahaya,” kata Bupati Hendy Siswanto menawarkan solusi.

Dia juga menghitung biaya pengecoran tebing butuh anggaran yang besar apabila warga tetap memilih tinggal di lokasi berbahaya tersebut. Sehingga ia menyarankan warga untuk setuju dipindah (relokasi) saja ke tanah milik Pemkab Jember. “Mana yang lebih efektif dan cepat serta tidak menimbulkan resiko,” sambungnya. Dalam peninjauan lokasi tersebut, Bupati Hendy juga membagikan langsung paket bantuan kepada para warga sekitar. (kom/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *