Connect with us

SEKITAR KITA

Kunjungi Lapas Kelas 1 Malang, Wamenkumham Panen Jamur Tiram

Diterbitkan

||

asdaswdas
Wamenkumham RI Edward, Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono dan Kalapas Kelas 1 Malang 1 RB Danang Yudiawan saat di Unit Budidaya Jamur Lapas Kelas 1 Malang. (ist)

Memontum Kota Malang – Wakil Menteri Hukum dan Ham (Wamenkumham) RI,  Prof Dr  Edward O.S Hiariej SH M Hum, disela- sela kunjungannya di Lapas Kelas 1 Malang, Kanwil Kemenkumham Jatim,  menyempatkan diri melihat Pojok Kuliner L’Sima dan Unit Budidaya Jamur, Rabu (13/10/2021). 

Dengan didampingi Kakanwil Kemenkumham Jatim, Krismono dan Kalapas Kelas I Malang, RB Danang Yudiawan,  Wamenkumham sempat memanen jamur tiram.  Perlu diketahui bahwa budidaya jamur ini adalah salah satu bentuk bimbingan kerja bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atas bimbingan petugas Lapas Kelas 1 Malang.

Baca juga:

Wamenkumham mengungkapkan bimbingan kerja untuk WBP tersebut menjadi salah satu upaya mulia dari Lapas terhadap proses pembinaan. Ada tiga hal terkait pembinaan di Lapas/Rutan yang berdampak ketika WBP telah bebas nantinya,  pertama yaitu dapat diterima masyarakat,  kedua, setelah diterima dipastikan tidak lagi mengulangi perbuatannya dahulu. 

Ketiga,  dapat bermanfaat bagi masyarakat ditempat nantinya dia tinggal. “Jamur dan kopi yang menjadi salah satu bimbingan kerja di Lapas Malang ini sangat tepat karena memberi manfaat bagi WBP saat mereka kembali ke masyarakat,” ujar Wamenkumham .

Wamenkumham menjelaskan bahwa  tugas pemasyarakatan memang berat. Karenanya apabila ada UPT yang bisa mencapai predikat WBK WBBM, maka itu adalah prestasi yang luar biasa.  Menurutnya ada  tiga hal yang menjadi kunci Pembangunan ZI adalah Integritas, Transparansi dan Akuntabilitas. “Integritas terkait dengan SDM, dan berbicara transparansi dan akuntabilitas berbicara soal profesionalisme aparat itu sendiri,” jelasnya.

Sementara itu,  Krismono menyampaikan bahwa beragamnya kejadian di Pemasyarakatan belakangan ini membuat jajaran Kemenkumham Jatim terus bersiaga. Salah satunya dengan mengadakan rakernis yang diikuti seluruh Ka UPT Pemasyarakatan di Batu. Sebelumnya, DPR RI juga melakukan kunjungan di Rutan Medaeng. “Kami mendapatkan apresiasi karena sebagian besar satker di jajaran Kanwil Jatim tengah berproses meraih predikat WBK WBBM,” urainya. 

Kalapas Kelas I Malang RB Danang Yudiawan akan terus meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan. ” Kami berterima kasih terhadap agenda hari ini. Wamenkumham bisa hadir di tengah-tengah Lapas Kelas I Malang sehingga menambah support bagi kami untuk terus bekerja lebih baik lagi untuk pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal,” ujar RB Danang. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *