Connect with us

SEKITAR KITA

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Situbondo Ajak Kaum Hawa Latihan Mengolah Daging dan Ikan Laut

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Situbondo mengadakan kegiatan pengembangan usaha mikro dengan orientasi peningkatan skala usaha menjadi usaha kecil melalui pelatihan pembuatan olahan daging dan ikan laut, Sabtu (16/10/2021). Kegiatan yang diperuntukkan untuk kaum hawa itu, digelar dan ditutup di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Situbondo.

Prosesi penutupan pelatihan itu, dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi beserta jajarannya, Wakil Ketua DPRD Situbondo serta 25 peserta pelatihan.

Menurut instruktur (nara sumber) pelatihan, Etik Nur Kristiani, mengatakan bahwa pelatihan ini lebih kepada pengolahan ikan dan daging. Untuk pesertanya, diambil dari ibu-ibu di dekat area pantai, karena berkaitan dengan bahan olahan atau bahan bakunya yang melimpah.

Ditambahkan, pelatihan ini digelar selama dua hari, dengan sistem di dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan delapan hingga sembilan peserta.

“Salah satu menu yang diberikan ke peserta, mulai dari kaki naga, piter balend sama burger. Sementara untuk hari, juga ada tiga menu yaitu stik ikan, telur gabus ikan kemudian sus ikan,” terangnya.

Baca juga:

Ditambahkan, sengaja beberapa menu itu diberikan kepada peserta, karena marketnya luar bisa. Sementara untuk konsumen atau pembuatnya, pun juga banyak diminati. “Kami berharap, nantinya peserta dapat memproduksi ini hingga bisa menambah pendapatan untuk keluarga,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Situbondo, Nugroho, mengatakan sangat mendukung penuh pelaksanaan pelatihan itu. Mengingat, Situbondo juga merupakan wilayah penghasil ikan. Karenanya, dipandang positif jika pelatihan olahan ikan diberikan kepada ibu-ibu.

“Ikan laut di Situbondo ini banyak, karena kita dekat dengan pantai. Sementara itu, mungkin ibu-ibu bingung untuk inovasi makanan berbahan ikan. Karenanya, diberikan pelatihan ini,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Situbondo, Heru Sugihartono, menjelaskan dengan pelatihan ini diharapkan mampu membantu atau menambah pengetahuan ibu-ibu dalam pengolahan berbahan ikan. Sehingga, bisa dikelola kembangkan sesuai dengan kemampuan.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan peserta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya dengan mengembangkan ilmu masakan yang didapat dari pelatihan ini,” paparnya.

Sementara itu, seorang peserta pelatihan dari Pesisir Gellung, Fella Olivia (19), merasa senang dapat ilmu baru tentang cara mengolah daging dan ikan laut. Jika sebelumnya tidak tahu apa-apa cara mengolah daging dan ikan laut, kini dia merasa dapat pengetahuan baru dari mengikuti pelatihan itu. 

“Terima kasih kepada Pak Heru, Wakil Ketua DPRD dan dinas, yang telah mengadakan kegiatan pelatihan ini bagi ibu-ibu pesisir di masa pandemi ini. Pelatihan ini sangat bermanfaat, tentunya ini semua akan menambah ilmu dan wawasan tentang pengolahan daging dan ikan laut yang nantinya akan menjadi tambahan usaha bagi ibu-ibu pesisir,” ujarnya. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *