Connect with us

SEKITAR KITA

Sabar, Vaksin Moderna di Kota Malang Masih Diperuntukkan bagi Nakes

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Warga Kota Malang yang menantikan vaksinasi dosis ketiga nampaknya harus lebih bersabar. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang belum menerima petunjuk teknis berkaitan dengan pemberian booster tersebut. Sehingga, sampai hari ini (18/10/2021) vaksinasi dosis ketiga di Kota Malang baru diberikan kepada tenaga kesehatan (Nakes).

“Vaksin booster hanya diperuntukkan bagi Nakes. Tetapi kalau untuk masyarakat, masih belum ada. Kita masih tunggu petunjuk teknis dahulu dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes),” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif, Senin (18/10/2021).
Sejauh ini untuk booster, tambahnya, Indonesia menggunakan vaksin jenis moderna. “Kalau selama ini, Moderna yang tersedia. Kalau nanti ada perubahan jenis vaksin, kita belum tahu,” terang dr Husnul.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, vaksin Moderna saat ini sudah bisa digunakan untuk vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua. “Informasi yang saya dapat memang seperti itu, namun belum dapat info resminya. Tapi di Kabupaten Malang, moderna sudah jadi vaksin dosis pertama dan kedua,” jabarnya.

Selain itu, Makes yang banyak di Kota Malang, juga menjadi salah satu faktor belum diberikannya moderna untuk masyarakat umum. “Kalau Kota Malang nakesnya masih banyak. Jadi belum mendapatkan droping moderna yang bisa digunakan untuk dosis pertama dan kedua bagi masyarakat umum,” terangnya.

Sedangkan, diakui mantan Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang itu, dosis ketiga untuk nakes belum mencapai 100 persen. “Dosis ketiga untuk nakes masih 92 persen. Jadi ada beberapa yang sudah pensiun atau purna tapi tetep kita masukkan dalam kategori nakes. Misalnya yang 61 tahun, itu kan sudah masuk kategori Lansia. Sehingga, kita bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dimana mereka mengkoordinir teman-teman nakes yang sudah purna tugas,” terangnya. (mus/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *