Connect with us

SEKITAR KITA

Panen Raya Semangka di Jember, KTNA Jawa Timur Siap Perjuangkan Korporasi Petani

Diterbitkan

||

SEMANGKA: Panen Raya semangka yang dilakukan KTNA Jember yang dihadiri Ketua KTNA Jawa Timur. (memontum.com/Rio)

Memontum Jember – Pengurus Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Timur, akan memperjuangkan korporasi petani. Korporasi petani adalah salah satu konsep pertanian moderen yang saat ini mulai dikembangkan di Indonesia. Korporasi petani sendiri, merupakan salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi petani yang memiliki dimensi strategis dalam pembangunan pertanian.

Pernyataan tersebut, disampaikan oleh Ketua KTNA Jawa Timur, Sumrambah, di acara panen raya semangka di Dusun Muneng, Desa Kraton, Kecamatan Kencong, Jember, Rabu (20/10/2021). Panen raya itu, menggandeng sebuah perusahaan pupuk BUMN Pucuk Kaltim.

“Yang kami lakukan hari ini adalah cikal bakal membangun korporasi petani,” kata Sumrambah dalam sambutannya.

Baca juga:

Dirinya memohon restu dan dukungan agar korporasi petani bisa berjalan dengan baik. “Mohon doa restunya mohon dukungannya agar cita-cita korporasi petani itu bisa kami jawab,” sambung pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Jombang.

Korporasi petani menurut Sumrambah digagas oleh Presiden Joko Widodo, yang disampaikan pada tahun 2017 lalu. Karenanya, menurut Sumrambah, upaya kerjasama yang sudah digalang bersama segenap pihak, termasuk diantaranya bersama PT Pupuk Kaltim dan Petrokimia Gresik, juga merupakan langkah untuk mencapai cita-cita tersebut. Pengembangan semangka di Kabupaten Jember, jelas Sumrambah sudah mencapai 400 hektar menuju 1000 hektar. 

“Yang ada di hadapan kita kali ini seluas 50 hektar,” jelasnya. 

Selain semangka, ditambahkannya, saat ini juga sedang dikembangkan tanaman jagung. Semua program tersebut avalisnya adalah KTNA. “Ini perubaan besar di lingkungan KTNA dan itu dimulai dari Jember,” ujarnya memuji. Sumramah menyebutkan, pada acara tersebut membawa sejumlah anggota KTNA Jombang, Nganjuk, Pasuruan, dan Madiun. “Semuanya sedang ingin belajar bersama,” tambahnya. 

Pemberdayaan pertanian, sebagaimana tekadnya sejak terpilih sebagai Ketua KTNA Propinsi Jawa Timur, Wakil Bupati Jombang Sumrambah resmi memimpin KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026, Sabtu (04/09/2021) lalu. Sumrambah berjanji fokus melakukan pendampingan untuk mewujudkan kesejahteraan petani.(rio/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *