Connect with us

SEKITAR KITA

DPPKB Bondowoso Gelar Workshop Aksi Nyata Suara Perempuan

Diterbitkan

||

Memontum Bondowoso – Sebagai bentuk kepedulian pada perempuan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar Workshop bertema ‘Aksi Nyata Suara Perempuan dalam Upaya Perlindungan Hak Perempuan’, di Ruang Sabhabina I, Kamis (21/10/2021). Dalam kegiatan ini, DPPKB melibatkan 38 organisasi perempuan dan TKSK dari 23 kecamatan, 5 OPD terkait, LSM, dunia usaha dan akademisi.

Dalam Aksi ini, DPPKB mencoba memecahkan masalah dengan mencari tahu, masalah yang dihadapi perempuan untuk dicarikan solusinya. Kepala DPPKB Kabupaten Bondowoso, dr Agus Suwardjito MMKes, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melindungi hak perempuan dan anak. Melalui Kegiatan aksi nyata suara perempuan, hak perempuan dan anak diharapkan dapat terlindungi.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dari total jumlah penduduk Bondowoso sebanyak 797.592, 400.894 diantaranya perempuan dan 396.698 laki-laki. Artinya lebih banyak perempuan dibanding laki-laki,” jelasnya.

Namun, dalam kesempatan apapun, eksistensi perempuan dinomorduakan. Inilah pentingnya keadilan gender dalam menjalani kehidupan untuk meraih kebahagiaan. Ditambahkan, faktanya, secara kwantitas jumlah perempuan. Secara kwalitas juga tidak kalah, banyak Kepala OPD Pemkab Bondowoso dari perempuan dan sukses.

Demikian juga politis, aktivis, bahkan wartawan. Mereka siap ditempatkan di mana saja. Oleh karena itu, DPPKB mempunyai kepentingan untuk memberdayakan perempuan. Agar juga bisa terlibat dalam proses pembangunan.

“Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kabupaten Bondowoso mencapai 90,62 persen. Indikatornya antara lain, kesehatan, usia harapan hidup bayi dan ibu, usia lama sekolah dan daya beli,” kata Agus.

Sedangkan Indeks Pemberdayaan Gender, kata Agus dalam sambutannya menyebut ada 65 persen. Diantara indikatornya, peran serta perempuan di sektor kewirausahaan. Kemudian ada juga indikator partisipasi perempuan di bidang politik. (sam/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *