Connect with us

Pendidikan

Bupati Malang Dampingi Gubernur Jatim Buka Expo dan Expose ICT Jatim 2021 di SMK 1 Singosari

Diterbitkan

||

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, mendampingi Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa, membuka Expo dan Expose Information and Communication Technology (ICT) SMK Jatim 2021 dengan tema ‘Adaptasi Prospek Kerja SMK Memasuki Era Society 5.0’ dalam rangka rangkaian Hari Jadi Ke-76 Provinsi Jawa Timur di SMKN Negeri 1 Singosari, Sabtu (23/10/2021).

Dalam Expo dan Expose ICT SMK Jatim 2021 ini, terpilih 62 SMK di Jawa Timur yang berhak mengikuti agenda tersebut, setelah dilakukan seleksi sebelumnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Malang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang akan selalu menyambut baik dan mengapresiasi atas seluruh inovasi serta kreativitas yang ditunjukkan oleh siswa-siswi SMK yang ada di Jawa Timur.

Baca juga:

“Perkembangan dunia yang begitu cepat harus dikejar oleh seluruh masyarakat terutama siswa-siswi SMK. Dalam menyongsong Era Society 5.0 menurut saya ada tiga kemampuan yang penting dimiliki seperti halnya kemampuan memecahkan masalah kompleks, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan untuk menciptakan kreativitas atau inovasi. Penguasaan ketiga kemampuan inilah yang saat ini menjadi tanggung jawab sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan. Anak-anak yang saat ini duduk di bangku sekolah adalah aset berharga yang harus terus diajarkan akan cara berpikir yang analitis, kritis dan kreatif,” kata Bupati Sanusi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, berharap agar nantinya siswa-siswi SMK Jawa Timur bisa menjadi pioner-pioner wirausahawan muda di Era Society 5.0. Dimana pekerjaan dan aktivitas manusia akan difokuskan pada Human-Centered yang berbasis pada teknologi sehingga membuka banyak peluang bisnis baru.

“Dari adanya Expo dan Expose ICT Jatim 2021 ini sebuah inisiasi dari para siswa-siswi SMK di Jawa Timur. Mereka sudah menunjukkan inovasi yang luar biasa, meskipun ini merupakan proses pencarian yang cukup lama. Selama 1,5 tahun mereka lebih banyak belajar secara virtual akan tetapi hasilnya keren sekali,” tutur Khofifah.

Setelah membuka pameran Expo dan Expose ICT SMK Jatim 2021 secara resmi, Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati Malang dan sejumlah pimpinan Perangkat Daerah melakukan peninjauan berbagai stand pameran yang akan berlangsung selama 2 hari yakni 23 & 24 Oktober 2021. (cw1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *