Connect with us

Pemerintahan

Wabup Malang Buka Pembinaan Pengurus PHDI dan Lembaga Keagamaan Hindu di Bale Budaya Pura

Diterbitkan

||

Memontum Malang – Wakil Bupati Malang, H Didik Gatot Subroto, secara resmi membuka kegiatan Pembinaan Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Lembaga Keagamaan Hindu melalui Pesamuhan Madya PHDI Kabupaten Malang yang bertempat di Bale Budaya Pura Kendalisodo, Kecamatan Pakis, Minggu (24/10/2021).

Dalam sambutannya, Wabup Malang menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan ini. Dimana mempunyai tujuan untuk merumuskan rencana kerja umat Hindu yang ada di Kabupaten Malang dalam satu tahun kedepan. Tentunya program ini akan dijalankan oleh PHDI di tingkat Desa hingga Kabupaten Malang. 

“Hasil akhirnya nanti akan memunculkan keputusan-keputusan penting, seperti kalau istilah kita seorang muslim yakni fatwa-fatwa. Keputusan-keputusan tersebut berkaitan dengan sektor keagamaan, perekonomian dan sektor-sektor lainnya,” ujar Didik Gatot Subroto.

Baca juga:

Dirinya juga menjelaskan bahwa jumlah penduduk Kabupaten Malang mencapai hampir 3 juta jiwa, kemudian di dalamnya terdapat 28 ribu lebih umat hindu yang tersebar 18 Kecamatan di Kabupaten Malang. Terbesar berada di Kecamatan Pakisaji.

“Hal terpenting saat ini adalah kita sebagai umat beragama yang berbudi pekerti luhur sudah semestinya menyadari dan memahami bahwa sejatinya keberagaman yang ada justru membuat warna yang indah untuk dikolaborasikan,” tambah mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Pemkab Malang juga mengatakan bahwa semua umat beragama memiliki hak dan kewajiban yang sama baik yang minoritas maupun yang mayoritas. “Kita akan senantiasa berpegang pada prinsip pembangunan tanpa memandang perbedaan, baik umat Hindu maupun umat beragama lain. Semua mendapatkan perlakuan yang sama. Karena pada dasarnya keberhasilan pembangunan hanya dapat terwujud dari seluruh elemen masyarakat yang ikut berpartisipasi aktif di dalamnya,” jelas pria yang juga Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Malang.

Wabup Malang juga mengapresiasi serta berterimakasih atas kontribusi dan dedikasi PHDI dan lembaga keagamaan Hindu terhadap pembangunan Kabupaten Malang. “Semoga di masa mendatang kontribusinya dapat semakin ditingkatkan. Sehingga Kabupaten Malang nantinya tetap menjadi daerah yang aman, damai dan bersatu serta semakin meningkat kesejahteraan masyarakatnya,” ujar Didik. (cw1/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *