Connect with us

SEKITAR KITA

Car Free Day di Surabaya Akan Dibuka November

Diterbitkan

||

Memontum Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan berencana melaksanakan program Car Free Day (CFD), setelah ditetapkan masuk ke dalam PPKM Level 1 menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 53/2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo mengatakan, bahwa lokasi CFD di Surabaya sudah ditetapkan yakni berada di wilayah Kembang Jepun.

“Sudah asesmen untuk CFD kemudian nanti Insya Allah (CFD) dilaksanakan di sana (Kembang Jepun),” kata Anang, sapaan akrabnya, Senin (25/10/2022).

Lebih lanjut Anang menjelaskan, bahwa dipilihnya Kembang Jepun CFD, karena lokasi tersebut itu dinilai minim keramaian. Sedangkan untuk lokasi tengah kota, seperti Taman Bungkul dipandang rawan akan potensi keramaian dan bisa memunculkan kerumunan.

“Kalau di tempat lain, tengah kota itu (potensi keramaian besar). Jadi tempat lokasi yang punya resiko,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya juga menyampaikan, bahwa CFD akan direncanakan mulai berjalan pada bulan November 2021 mendatang, mulai pukul 06.00 hingga 10.00. Selain itu, mekanisme keamanan di lokasi CFD tengah akan dipikirkan matang-matang. Termasuk pada protokol kesehatannya (Prokes).

Tambahnya, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan jajaran kepolisian, sekaligus menunggu terbitnya surat edaran terkait dilaksanakannya kembali program CFD. “Kita ngelibatin Satpol, linmas sama kepolisian. Kalau sudah penuh ya gak boleh masuk,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan bahwa CFD akan terbatasi jumlah pengunjung. Nantinya akan ditutup jalur dan dijaga beberapa orang.

“Seng penting onok Pedulilindungi melbu CFD nya. (yang penting ada Pedulilindungi kalau masuk CFD). Kita akan menggerakan menuju new normal, tapi tidak euforia dan yang keyakinannya kelebihan,” terangnya. (ade/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *