Connect with us

Pemerintahan

Wagub Emil Dardak Borong Produk Pupuk Cair Hasil Karya Warga NU

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistiyanto Dardak, membeli produk pupuk cair hasil karya warga Nadlatul Ulama (NU) yang dijual di koperasi 234 milik DPC NU Situbondo, Senin (25/10/2021) tadi. Tidak tanggung tanggung, orang nomor dua di Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini, memborong pupuk cair merek NU Kafah senilai Rp 50 juta. 

“Saya akan beli produk itu, dengan harga promo beli satu dapat dua. Ya, minimal kita bayar DPnya,” kata Emil Elistiyanto Dardak, saat acara bincang santai di Kantor DPC NU Situbondo. 

Baca juga:

Wagub Emil mengaku, terkesan dengan pengurus DPC NU yang baru dilantik serta Bupati Situbondo, Karna Suswadi. Karena, program yang dirintis sangat luar biasa. Termasuk, koperasi 234 yang sudah memiliki unit usaha NU Kafah produk bio probitik yang mempunyai dampak yang luar biasa terhadap pertanian. 

“Ini langsung kita sinergikan dengan program Belanova ( Belanja Inovasi, red) yang ada di Pemprov,” kata Emil. 

Dengan tidak melalui proses panjang,  tambahnya, dengan program Belanova itu, mengedepankan produk putra daerah. Meski nilainya tidak terlalu fantastis, lanjut Emil, namun ini nantinya akan seperti buliran bola sanju yang terus berkembang.

Selain itu, lanjut Emil, pihaknya akan mensuport DPC NU yang akan memamfaatkan aset daerah untuk mendirikan Kafe NU. Tidak hanya itu, dirinya juga mengapresiasi kepada Bupati Situbondo, yang berhasil melakukan uji coba bibit BK 900 yang bisa menghasilkan 10.56 ton perhektarnya.

“Ya, mudah-mudahan bisa memenuhi segala uji verifikasi yang nantinya menjadi bibit unggul Situbondo,” katanya. 

Saat ditanya bentuk dukungannya terhadap bibit padi BK 900, pihaknya akan mendukung Dinas Pertanian Provinsi dengan mengajak merja sama Bupati Situbondo dalam prosesnye ke Kementrian Pertanian. “Jad, tentunya kita akan mendukung, karena langka langka uji coba sudah dilakukam cukup jauh oleh Bupati dengan mitra penelitiannya. Tentu kita akan memonitor, mendukung” jelasnya. 

Ketua Tanfidz PC NU Situbondo, Muhyiddin Khotib, mengatakan bahwa pihaknya sudah berkarya. Salah satunya, membuat pupuk NU Kafah yang sudah diubahkan dan berhasil.

“Kita sekarang sudah proses pelayanan produk pupuk NU Kafah kepada masyarakat,” ujar Muhyiddin Khotib.

Dikatakannya, saat ini pihaknya sangat khawatir, karena jumlah pemesanan pupuk cair itu cukup banyak. Namun, hal ini tidak imbang dengan permodalan yang cukup banyak. “Tadi ada angin segar, karena pak Emil mau membeli produk pupuk cair NU Kafah itu sebesar Rp 50 juta, ” kata Muhyiddin. 

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi l, mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi peran NU di masyarakat didalam meningkatkan prekonomian ummat. Meski PC NU dibilang baru, namun sangat luar biasa karena membuka klinik NU walapun peralatanya tidak lengkap.

“Ambulannya saja masih pinjam pinjam, yang pentinv kliniknya jalan dulu,” kata Bung Karna panggilan Bupati Situbondo.

Dalam sambutannya, setelah dilantik, PC NU memiliki komitmen yang kuat membantu pemerintah daerah, salah satunya vaksinasi. “Pengurus NU turun kemasyarakat, dan Al hamdulillah capaian vaksinasi kita sudah mencapai 52 persen,” ujarnya. 

NU juga mendorong agar pertanian di Situbondo terus mengalami kemajuan. Bahkan, di Situbondo sudah memiliki bibit benih padi unggul, yakni bibit padi BK 900 yang menghasilkan cukup banyak.

“Kemarin kita ubin hasilnya cukup tinggi, yakni sebanyak 10.56 ton,” paparnya. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *