Connect with us

SEKITAR KITA

Peringati HDKD 2021, Lapas Kelas 1 Malang Tabur Bunga dan Kerja Bakti di TMP Suropati

Diterbitkan

||

Petugas Lapas Kelas 1 Malang saat tabur bunga di TMP Suropati Kota Malang. (ist)

Memontum Kota Malang – Dalam rangkaian memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2021, petugas Lapas Kelas 1 Malang, Kanwil Kemenkumham Jatim, Selasa (26/10/2021) melaksanakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Malang

 Plh. Kalapas I Malang, Ruspriyatno bersama para jajaran mengajak para pejabat struktural Lapas Kelas I Malang, untuk melaksanakan ziarah atau tabur bunga ke TMP Suropati. Kegiatan ini sebagai bentuk cinta kepada para pahlawan yang sudah membela tanah air Indonesia. 

Baca juga:

Sebelum memulai kegiatan tabur bunga, rombongan melakukan apel serta penghormatan kepada para pahlawan.”Kegiatan ini masih dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika. Kami menyempatkan untuk tabur bunga di TMP Suropati khususnya ke makam pahlawan Hamid Rusdi,” ujarnya.

Ruspriyatno mengajak para pegawai untuk tabur bunga ke makan Hamid Rusdi. Juga menceritakan bahwa, Hamid Rusdi pernah menjadi seorang sipir di Lapas Lowokwaroe. “Sebelum menjadi anggota TNI, di masa penjajahan Jepang Hamid Rusdi pernah bekerja sebagai sipir di penjara Lowokwaroe atau sekarang Lapas I Malang, ini sebagai bentuk rasa cinta kami terhadap pahlawan yang sudah berjuang demi kemerdekaan Indonesia,” ujar Ruspriyatno.

Setelah melaksanakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, para rombongan memanjatkan doa untuk para jasa pahlawan yang telah gugur pada waktu silam. “ Semoga para pahlawan Negara Republik Indonesia dilapangkan kuburnya dan ditempatkan di sisi-Nya,” ucap Ruspriyatno saat membacakan doa.

Tidak hanya tabur bunga, pihak Lapas Kelas 1 Malang juga melaksanakan kerja bakti.  Terlihat ada puluhan narapidana diajak bersama melqksanakn bakti sosial. Warga binaan tersebut membersihkan lingkungan TMP antara lain membersihkan rumput di area makam serta memotong rumput yang sudah agak panjang dengan mesin pemotong rumput.  Perlu diketahui,  bahwa 21 Napi tersebut merupakan warga binaan Lapas I Malang yang sedang mengikuti pelatihan di Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) L’SIMA. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *