Connect with us

Pemerintahan

Tingkatkan Pelayanan Adminduk, Pemkot Surabaya Luncurkan Media Publikasi Swargaloka

Diterbitkan

||

Memontum Surabaya – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, meresmikan Media Publikasi Suara Warga Mengelola Kebutuhan Adminduk (Swargaloka) yang dibuat oleh Dispendukcapil Kota Surabaya, Rabu (27/10/2021).

Eri mengatakan, bahwa Swargaloka ini merupakan media publikasi yang berkaitan dengan informasi seputar pelayanan Adminduk di Kota Surabaya. Nantinya, informasi pelayanan tersebut bisa diakses oleh masyarakat Kota Surabaya melalui media sosial (Medsos), yakni YouTube, Instagram, Twitter, hingga Spotify.

“Swargaloka, yaitu Suara Warga Mengelola Kegiatan Adminduk. Ini yang membuat saya semakin yakin, bahwa pelayanan kependudukan bisa berhenti di tingkat Kelurahan. Bila hal itu tercapai, berarti semua pelayanan sudah dekat dengan masyarakat. Nantinya akan beralih menggunakan aplikasi online,” kata Eri.

Selain itu, Eri berharap dengan adanya Media Publikasi Swargaloka, akan lebih memudahkan jalinan komunikasi antara Pemkot Surabaya dengan masyarakat terkait pelayanan Adminduk, agar lebih mudah mendengarkan aspirasi warga.

“Insyaallah nanti per 1 Januari 2022, warga bisa mendapat pelayanan Adminduk cukup menggunakan aplikasi online. Jadi bisa diakses di rumah atau dimana saja,” ujar dia.

Lebih lanjut Eri menerangkan, bahwa Pemkot Surabaya melalui Dispendukcapil telah memiliki aplikasi Kalimasada, yakni aplikasi yang memudahkan warga untuk mendapat pelayanan Adminduk dan akan memberikan pelatihan di tingkat RT terkait aplikasi tersebut.

Saat menghadiri kegiatan cangkrukan di Balai RW X, Kelurahan Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo Surabaya pada Selasa (26/10/2021), dirinya mendapati Ketua RT yang mengaku mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan Adminduk melalui aplikasi online. Namun, juga terdapat Ketua RT yang sudah sering menggunakan layanan tersebut untuk membantu memasukkan atau melakukan perubahan data warganya.

“RT yang sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut nanti akan membantu kami menjadi mentor untuk RT yang lainnya. Sehingga untuk warga Kota Surabaya memiliki rasa memiliki dan gotong-royong,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji mengatakan, peluncuran Media Publikasi Swargaloka tersebut, terinspirasi dengan sosial media yang dimiliki oleh Humas Pemkot Surabaya.

“Kami mencoba mengemas informasi pelayanan Adminduk melalui platform YouTube, Instagram dan Podcast untuk lebih memudahkan warga,” kata Agus sapaan lekatnya.

Lebih lanjut Agus mengaku, tengah menyiapkan tiga langkah strategis untuk aplikasi online yang akan diakses oleh masyarakat Kota Surabaya pada Januari 2022 mendatang. Pertama ia akan menyiapkan peraturan, karena tidak semua warga bisa melakukan layanan online secara mandiri.

Kedua, menyiapkan sistem aplikasi, dan ketiga adalah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari warganya.

“Lalu ketiga, Swargaloka ini menjadi salah satu perkakas melalui materi informasi media sosial yang akan membantu warga Surabaya untuk mulai belajar menggunakan aplikasi online nantinya,” jelasnya. (ade/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *