Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Warga Puncu Resah Ratusan Pohon di Lereng Kelud Ditebangi

  • Rabu, 27 Desember 2017 | 19:13
  • / 8 Rabiul Akhir 1439
Warga Puncu Resah Ratusan Pohon di Lereng Kelud Ditebangi

Memontum Kediri–  Warga Desa Puncu Resah Ratusan Pohon di Lereng Kelud Tebangi pleh oknum yang taknbertanggung jawab, padahal kawasan tersebut merupakan hutan penyangga sumber air untuk.memenuhi warga setempat. Berdasarkan catatan,  sedikitnya 350 batang lebih  pohon reboisasi dan pohon pelindung telah berusia ratusan tahun iru terlihat ambruk di kawasan Perkebunan PTPN XII Ngrangkah Sepawon berada di Dusun Damar Wulan Kecamatan Puncu.

Agus Widodo, warga dusun Puncu mengatakan, jika ini dibiarkan, warga yang tinggal di Kawasan Lereng Gunung Kelud merasa terancam, selain dampak saat terjadi erupsi nanti, juga hilangnya mata air untuk kehidupan sehari – hari mereka.“Secara hukum, lahan ini milik Perkebunan Sepawon, selanjutnya mengajukan ijin Hak Guna Usaha (HGU) namun yang terjadi justru pohon pelindung dan reboisasi ditebangi,” jelas Agus.

Keresahan juga disampaikan Sudarmaji, warga Dusun Satak Desa Puncu sambil menunjukkan lokasi pohon yang ditebangi. Karena pembalakan liar tersebut perwakilan warga tinggal di perkebunan dan perwakilan Warga Puncu, menyampaikan surat kepada Bupati Kediri, agar segera mengambil kebijakan.

 

“Harapan kami, ibu bupati segera mengambil tindakan dan memutuskan langkah yang bijak. Karena ini bagian kelestarian alam dan menjaga mata air yang selama ini kebutuhan sehari – hari kami,” kata Sudarmaji.

 

 Berdasarkan pantauan, bila memasuki kawasan perkebunan Sepawon dari Pos I, maka akan terdapat bentangan tali dengan diameter sekitar 50 meter diantara pasak terbuat dari paralon yang dicat merah. Kemudian di sekitarnya terlihat jelas, pohon yang tumbang akibat dipotong dengan mesin gergaji.(aji/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional