Connect with us

SEKITAR KITA

Harga Minyak Goreng di Surabaya Alami Kenaikan, Tomat justru Anjlok

Diterbitkan

||

Memontum Surabaya – Harga minyak goreng curah terus mengalami kenaikan selama sebulan terakhir, sementara harga komoditi tomat anjlok di beberapa pasar di Surabaya. Dari pantauan momentum.com pada Kamis (04/11/2021) pagi, di beberapa pasar seperti Pasar Wonokromo, Pabean dan Keputran, harga minyak goreng curah mengalami kenaikan.

Yakni dari Rp 14 ribu menjadi Rp 18 ribu hingga Rp 19 ribu per kilogram atau liternya sejak sebulan terakhir. “Yang paling terasa itu naiknya harga minyak. Pembeli juga banyak yang bertanya kok harga minyak naik terus. Saya jawab kan cuma jualan gak yang buat,” ujar Haji Latip, salah satu pedagang di Pasar Wonokromo, Surabaya.

Baca juga:

Hal senada juga di utarakan oleh Sakdiyah (52) , pedagang bahan pokok di Pasar Pabean. Ia mengungkapkan bahwa sebagian bahan pokok tidak mengalami kenaikan yang signifikan cenderung stabil. “Telur ada naik sedikit dari Rp 19 ribu naik menjadi Rp 20 ribu, beras masih tetap, tepung juga tetap. Cuma miyak ini aja yang tambah naik terus, naik lagi,” kata Sakdiyah

Sementara itu, harga komoditi tomat terus mengalami penurunan hingga menyentuh Rp 6 ribu per kilogramnya. Bahkan di tingkat tengkulak harga tomat hanya dibandrol Rp 3 ribu per kilogramnya.

“Kalau beli tomat pagi seharga Rp 6 ribu an per kilo dapatnya, ada yang jual lebih mahal ada di bawah. Tapi kalau belinya pas baru turun dari truk, bisa-bisa dapat Rp 3 ribu saja,” ujar kholifah yang telah 5 tahun berjualan di Pasar Keputran.

Melimpahnya stok Tomat di pasaran diperkirakan menjadi penyebab harga Tomat tidak bisa dikendalikan. Selain itu bertepatan panen raya di beberapa kantong-kantong pemasok seperti Malang dan Pamekasan menjadi faktor anjloknya harga Tomat di pasaran.

Menurut data Sistem Informasi Ketersediaan dan Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jawa Timur, harga komoditi Tomat terus mengalami penurunan selama sebulan terakhir. Dengan harga rata-rata terendah pada 1 November 2021 yang menyentuh Rp 5 ribu per kilogram. 

Sementara komoditas lainya cenderung stabil seperti Cabai Merah di harga Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu , Cabai Rawit Rp 16,5 ribu hingga Rp 18 ribu per kilogram. Sedangkan Bawang Putih Rp 20 ribu per kilogram dan Bawang Merah Rp 19 ribu per kilogramnya. (ade/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *