Connect with us

Politik

PPP Jember Bergejolak, 24 PAC Deklarasi Ingin Pergantian Ketua DPC Baru

Diterbitkan

||

Memontum Jember – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Jember, bergejolak. Sebanyak 24 Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jember, mendeklarasikan ingin pergantian Ketua baru untuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP, dalam musyawarah cabang mendatang.

Sejumlah pengurus PAC tersebut, tergabung dalam Forum Komunikasi Pengurus Anak Cabang (Forkompac). Penyebab perlawanan 24 pengurus di tingkat kecamatan itu, diakibatkan Ketua PAC saat ini, Madini Farouq atau akrab dipanggil Gus Mamak, dianggap ingkar janji.

Baca juga:

Salah satu janji-janji yang hingga kini belum terpenuhi, adalah janji akan memberikan sepeda motor bagi PAC yang mampu memenuhi target perolehan suara pada Pileg lalu. “Ada empat PAC bisa target (sesuai harapan, red), antara lain PAC Kencong, Umbulsari, Mayang dan PAC Panti. Namun, sampai saat ini tidak ada sepeda motornya,” kata juru bicara Forkompac, Husnul Arifin, saat dihubungi melalui saluran telepon seusai deklarasi di salah satu kafe, Jumat (05/11/2021).

Ditambahkannya, Gus Mamak juga disebut selama ini tidak pernah turun ke bawah atau Turba. “Selama ini tidak pernah turun ke bawah. Padahal, kami pengen disapa,” lanjutnya. 

Karena dianggap banyak janji-janji manis yang tidak terpenuhi itulah, mereka kemudian menghendaki adanya pergantian Ketua DPC baru. Mereka menginginkan, adanya perubahan agar partai menjadi lebih baik ke depan. “Sebanyak 24 PAC DPC PPP Jember menginginkan adanya perubahan ketua DPC PPP Jember. Kami 24 PAC adalah sah dan perlu adanya perubahan,” ujarnya.

Upaya pergantian Ketua DPC PPP Jember itu, nantinya akan dilakukan lewat upaya konsolidasi dengan memenangkan ketua baru. “Kami siap berkonsolidasi memenangkan ketua baru, dengan cara menang lewat formatur. Ingin adanya ketua baru yang energik dan millenial. PAC-PAC yang hadir sudah berkomitmen membuat perubahan PPP menjadi lebih baik ke depan,” ujarnya.

Lebih lanjut Husnul juga menyampaikan, perlu adanya pergantian Ketua DPC PPP Jember. Karena pihaknya menilai ada kekecewaan dari situasi kepengurusan partai saat ini. “Kami sudah komitmen dari awal, karena hati kecewa dengan adanya ini. Karena sistemnya formatur, kita rahasikan tim formatur yang ditunjuk dari unsur PAC ini, ada 4 PAC yang akan ditunjuk dan di kita daftar namanya. Ada cara tersendiri, tidak kita floorkan sistem yang kita jalankan,” paparnya.

Menurut Husnul, memerlukan kriteria pemimpin yang lebih baik dari sebelumnya. Terlebih harusnya lebih transparan dari apa yang terjadi di partai saat ini. “Terutama terkait keuangan, partai tidak lari dari dana. Butuh juga yang tegas dan mengayomi kita. Terlebih untuk umat terutama warga PPP,” sambungnya.

Upaya untuk memenangkan Ketua DPC PPP Jember baru. Nantinya ada upaya dan cara yang dilakukan. “Tim formatur itu, terdiri dari 2 DPW, 1 DPP, 1 DPC, 4 PAC sebagai formatur. Mereka dipilih, terus musyawarah menentukan Ketua DPC PPP Jember. Pemimpin harus muda, istiqomah, millenial, keuangan juga transparan. Kita sudah solid dan tidak tergantikan dari apapun. Kita ada 24 PAC, optimis bisa meraih 5 formatur ini,” sambungnya.

Sementara itu, menurut Ketua PAC Ledokombo, Joyo Wardi, bahwa dari Forkompac itu sudah menentukan calon Ketua DPC PPP Jember baru yang nantinya dinilai berkompeten untuk partai ke depan. Namun, pihaknya enggan untuk menyebutkan nama calon ketua tersebut. 

“Calon kita yang pasti kaum milenial, masih muda, untuk mengubah PPP menjadi lebih baik lagi,” katanya. 

Joyo juga menyebut, para pengurus anak cabang berkomitmen memberikan yang terbaik untuk PPP. “Bukan berharap memperoleh sesuatu dari partai,” imbuhnya. (rio/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *