Connect with us

Pendidikan

2022 Dikbud Kota Malang Rencanakan Rehab Gedung Kesenian Gajayana

Diterbitkan

||

Memontum Kota MalangKota Malang sejatinya memiliki fasilitas untuk menunjang pertunjukan kesenian yang terletak di Jalan Nusakambangan, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen. Tempat tersebut adalah Gedung Kesenian Gajayana, yang lokasinya satu atap dengan Museum Musik Indonesia.

Dalam rangka pengoptimalan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang, Suwarjana, berencana akan membangun kembali gedung ini. “Yang jelas ini kan gedung milik Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, bersejarah, dan lokasinya di tengah kota. Di sisi lain, kita punya budayawan yang banyak, namun tempat ajang tampilan mereka kurang,” ungkapnya seusai gelaran Anugerah Insan Budaya Berprestasi, Rabu (10/11/2021).

Baca juga:

Oleh sebab itu, ke depan pihaknya ingin merehab gedung tersebut, agar siapapun bisa menggunakan fasilitas ini. “Bisa untuk tampil, latihan ataupun gladi bersih. Makanya nanti akan kami rehab, disiapkan lighting dan soundsystem yang memadai, agar bisa mengembangkan para seniman di Kota Malang. Itu harapan kami,” tambah mantan Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) itu.

Dengan memberi ruang gerak yang luas bagi pelaku seni, Pemkot Malang berharap bisa makin memperkenalkan budaya Kota Malang kepada masyarakat yang datang di Bhumi Arema ini.

Ditanya soal target terealisasinya rencana ini, Suwarjana menekankan sesegera mungkin.

“Mudah-mudahan di akhir tahun 2022 sudah bisa segera kami lakukan. Kedepan kalau harus memungut biaya atau iuran kad bagi yang ingin menggunakan, saya harap juga tidak memberatkan seniman. Polanya nanti kita bicarakan, tapi yang jelas ini untuk masyarakat dan seniman di Kota Malang,” terangnya. (mus/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *