Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Dinilai Lebih Hemat, Sidoarjo Targetkan Seluruh Jalan Dicor

  • Rabu, 27 Desember 2017 | 20:04
  • / 8 Rabiul Akhir 1439
Dinilai Lebih Hemat, Sidoarjo Targetkan Seluruh Jalan Dicor
NGECAT: Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah didampingi Kepala Dinas PUPR Pemkab Sidoarjo, Sigit Setyawan mengecat perempajan JL Monginsidi yang baru selesai diperbaiki tahun ini, Rabu (27/12/2017). (wan)

Memontum Sidoarjo Menjelang akhir Tahun 2017 Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai fokus merealisasikan pembangunan jalan Cor sepanjang 4 kilometer. Pembangunan jalan cor ini dipilih dibandingkan jalan aspal karena dinilai anggarannya jauh lebih hemat lantaran perawatannya membutuhkan 20 tahun lebih.

 

Saat ini pembangunan jalan cor itu  terbagi dalam lima titik. Diantaranya JL Raya Porong – Krembung,  JL Raya Bulang – Prambon, JL Raya Kepadangan – Krembung, JL Raya Prambon – Gedangrowo serta JL Raya Kebonagung – Kemasan.

 

“Kami menargetkan seluruh jalan di Sidoarjo akan dicor. Keputusan ini diambil setelah kami menerima berbagai masukan dan melihat kondisi jalan sudah banyak yang rusak akibat tergenang air. Selain itu juga disebabkan over kapasitas kendaraan yang melalui sejumlah ruas jalan itu,” terang Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah kepada Memo X, Rabu (27/12/2017) seusai membuka Launching Gerakan Mbonk Peduli Infrastruktur di Alun-alun Sidoarjo.

 

Lebih jauh, pria yang akrab dipanggil Abah Ipul ini menguraikan Pemkab Sidoarjo menargetkan seluruh ruas jalan di Sidoarjo bakl dicor. Menurutnya, pembangunan infrastruktur jalan cor ini meski biayanya lebih mahal diawal pembangunan tetapi jalan cor lebih awet dan tahan lama dibanding dengan jalan aspal.

 

“Selain itu, sudah tidak perlu lagi menganggarkan untuk biaya perawatan setiap tahun untuk perbaikan jalan. Anggaran perawatan jalab bisa dipakai untuk pembangunan dan kepentingan lainnya,” ungkapnya.

 

Sementara Kepala Dinas PUPR Pemkab Sidoarjo, Sigit Setyawan menguraikan saat ini Dinas PUPR sudah mengerjakan pembangunan jalan cor sepanjang 4 kilometer dengan biaya anggaran melalui PAK sekitar Rp 64 miliar. Target penyelesaian pekerjaan ini hinggq akhir Tahun 2017 besok. Menurutnya, saat pembangunan jalan menggunakan aspal pihaknya menganggarkan dana perawatan senilai Rp 35 miliar per tahun. Namun saat jalan dicor maka perawatannya masih 20 tahun mendatang.

 

“Dinas PUPR akan memetakan untuk perioritas pembangunan jalan cor di Tahun 2018. Kami akan melakukan pemetaan untuk menentukan skala perioritas jalan mana yang akan dicor. Pembangunan akan dilakukan bertahap. Dinas PUPR akan merealisasikan yang sudah ditargetkan Bupati untuk mewujudkan Sidoarjo bebas dari jalan rusak,” pungkasnya. (wan/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional