Connect with us

Berita Nasional

World Super Bike Mandalika Manfaatkan Energi Baru Terbarukan

Diterbitkan

||

World Super Bike Mandalika Manfaatkan Energi Baru Terbarukan

Memontum NTB – Penyelenggaraan Event World Super Bike (WSBK) di Mandalika-NTB, memanfaatkan pasokan listrik dari Sistem Kelistrikan Lombok dengan daya tersambung 5,19 MVA. Pasokan listrik tersebut, diantaranya bersumber dari tenaga surya, yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Sengkol di Lombok Tengah yang berjarak kurang dari 15 KM dari Pertamina Mandalika International Street Circuit.

“Dalam verifikasi lapangan di Lombok Tengah, kami ingin memastikan bahwa energi terbarukan sudah dipakai sebagai bauran energi untuk mendukung World Super Bike. Sesuai komitmen pemerintah dalam menanggulangi dampak perubahan iklim. Kami menemukan hal itu sudah dilakukan. Salah satunya, dari PLTS Sengkol dimana dapat mencapai 5,4 MW listrik yang masuk ke grid dan memasok KEK Mandalika melalui GI Sengkol dan GI Kuta,” ujar Tenaga Ahli KSP Ferdy Alfarizka Putra, Jumat (19/11/2021).

Pada Sistem Lombok, ujarnya, terdapat 39,6 MW pembangkit Energi Baru Terbarukan. Dimana, salah satunya adalah PLTS Sengkol yang berada diantara Bandara International Lombok dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Baca juga :

Lasiran, General Manager Unit Induk Wilayah NTB, mengatakan bahwa PLN memiliki kerjasama 5 MVA untuk mendukung area sirkuit Mandalika. Bahkan, sebenarnya sistem PLN dapat memasok hingga 90 MVA tanpa masalah ke KEK Mandalika.

“Energi tenaga surya serta energi terbarukan lain juga disiapkan untuk penyelenggaraan Motto GP bulan Maret 2022,” ujarnya.

Lombok sendiri, tambahnya, memiliki potensi besar untuk energi surya. Karena, intensitas radiasi cahaya dan durasi yang cenderung lebih baik dibanding di khatulistiwa atau daerah Indonesia lainnya. Saat ini, Lombok memilki 4 PLTS dengan total pasokan listrik sebesar 22,3 MW. (kom/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *