Connect with us

Bondowoso

Bupati Salwa Deklarasikan Desa Blimbing Bondowoso sebagai Desa Budaya

Diterbitkan

||

Bupati Salwa Deklarasikan Desa Blimbing Bondowoso sebagai Desa Budaya

Memontum Bondowoso – Setelah berhasil membuat ‘Desa Wisata’, kini Pemkab Bondowoso mencanangkan ‘Desa Budaya’. Inisiator dari pelaksanaan ini, yaitu Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bondowoso.

Kepala Disdikbud, Sugiono Eksantoso, mengatakan bahwa sesuai amanat Bupati Bondowoso, Desa Blimbing, Kecamatan Klabang, agar dikembangkan sebagai Desa Budaya yang pertama.

“Tujuannya adalah memperkenalkan, bahwa di Desa Blimbing, banyak peninggalan budaya yang perlu dilestarikan dan dikenal oleh seluruh masyarakat Bondowoso,” kata Sugiono, Senin (22/11/2021).

Di desa tersebut, lanjut mantan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Pemprov Jatim di Bondowoso ini, ada kebudayaan Singo Ulung, Topeng Konah (Topeng Kuno), Tandek Binik (Tari Perempuan), Ojung dan lainnya. Dengan dicanangkannya Desa Budaya, diharapkan para pemuda dan pemudi Bondowoso mencintai warisan nenek moyang kita. Lebih baik mencintai budaya sendiri, ketimbang mencintai budaya barat.

Baca juga :

Ditambahkannya, pencanangan Desa Budaya yang diinisiasi Disdikbud ini, merupakan yang pertama kali. “Tujuannya, untuk merangsang agar berkembang lebih baik dan Disdikbud memberikan bantuan pada pelaku seni ini,” imbuhnya.

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin, mengatakan bahwa pencanangan Desa Budaya merupakan inovasi dari Disdikbud. Diharapkan, diikuti oleh desa-desa yang lain. “Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Disdikbud, Bapak Sugiono, atas keperduliannya terhadap Budaya Bondowoso. Saya harapkan terus dikembangkan pada desa yang lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pengasuh PP Mambaul Ulum Tangsel Wetan, Kecamatan Wonosari, ini juga menandatangani prasasti yang disaksikan Camat Klabang dan Kadisdikbud. (sam/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *