Connect with us

SEKITAR KITA

Dishub Surabaya Siapkan 11 Rute untuk Memaksimalkan Program Buy The Servis

Diterbitkan

||

Dishub Surabaya Siapkan 11 Rute untuk Memaksimalkan Program Buy The Servis

Memontum Surabaya – Dinas Perhubungan Surabaya masih punya pekerjaan rumah (PR), yaitu menyiapkan 11 rute lain di tahun 2022 – 2023. Rute baru ini, rencananya untuk menjangkau kawasan Karangpilang, Ampel hingga terkoneksi ke kawasan Pasar Turi, yang nantinya bisa terkoneksi dengan transportasi berbasis rel.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat, mengatakan bahwa ini sesuai dengan rencana Pemprov Jatim yang akan membangun Surabaya Railway. Trayek itu, akan terkoneksi juga dengan Stasiun Pasar Turi, sesuai dengan rencana tersebut, akan terkoneksi dengan moda transportasi berbasis rel.

“Termasuk trayek 8 dengan rute Sier – RSAL – Tanjung Perak PP. Semoga dengan adanya moda trans ini (Suroboyo Bus) wilayah di seluruh Kota Surabaya dapat terlayani,” jelas Irvan, Jumat (26/11/2021).

Irvan menjelaskan, agar program Buy Servis (BTS) berjalan lebih maksimal, Dishub Surabaya juga menerapkan push strategy sebagai pendukungnya. Langkah yang pertama yaitu traffic demand manajemen. Hal ini, meliputi parkir progresif dan penyediaan lahan parkir (park and ride), untuk kendaraan pribadi di sekitar rute BTS Suroboyo Bus dan feeder.

“Cara ini agar memudahkan masyarakat beralih ke layanan transportasi umum,” ujarnya.

Baca juga :

Sedangkan kedua, tambahnya, ada pengaturan waktu dan ruang jalan kendaraan pribadi yang melintas di jalan-jalan tertentu, yang dilewati rute BTS Suroboyo Bus dan Feeder. Lalu ketiga, penerapan tarif Suroboyo Bus dan Feeder agar terjangkau bagi masyarakat serta terintegrasi tiketnya dengan antar moda dan park and ride.

Kemudian keempat, ujarnya, konektivitas rute BTS menghubungkan moda trans Suroboyo bus, feeder dan angkutan kota yang ada di Terminal Purabaya dan Terminal Osowilangun. “Sedangkan kelima, konektivitas rute BTS juga menghubungkan terminal, stasiun kereta api, pelabuhan, bandara juanda, distrik perdagangan dan perbelanjaan, distrik perkantoran, serta fasum lainnya,” katanya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, bahwa mulai tahun 2022, Pemkot Surabaya dan Dishub Surabaya, akan melaksanakan perbaikan feeder yang rencananya masuk ke perkampungan dan perumahan. “Angkutan feeder ini, akan menjadi pilot project dan disiapkan tiga rute. Kami punya PR, sebenarnya ada 71 rute feeder, dengan harapan bisa cepat untuk disatukan dengan pola BTS,” ujarnya.

Ditambahkannya, akan tetapi untuk rute feeder, pihaknya saat ini sedang siasati untuk ke arah sana. “Tahun depan, pilot projectnya akan kami adakan uji coba 36 unit feeder untuk tiga rute, untuk mendukung Suroboyo Bus,” terangnya.  (ade/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *