Connect with us

Kota Malang

Pekarangan Kantor Kecamatan Blimbing Penuh dengan Tanaman Kaya Manfaat

Diterbitkan

||

Pekarangan Kantor Kecamatan Blimbing Penuh dengan Tanaman Kaya Manfaat

Memontum Kota Malang – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Blimbing, sukses mengembangkan urban farming dengan memanfaatkan lahan terbatas untuk budidaya ikan dan sayuran. Lahan tersebut, berada tepat di halaman belakang Kantor Kecamatan Blimbing. Sehingga, tidak hanya bersih, tetapi bisa menyaksikan budidaya ikan nila yang sehat meskipun perubahan cuaca ekstrim, ikan patin, dan berbagai sayuran di polybag yang tumbuh dengan subur.

“Berbagai macam sayuran ada di tempat ini mulai dari selada, kangkung, bayam, wortel, lombok, dan tomat. Ada juga tanaman buah, seperti jambu, nangka, dan rambutan. Sayuran-sayuran ini menambah hijaunya kawasan kantor, sehingga membuat nyaman,” ujar salah satu staf Kecamatan Blimbing, Arif Choirianto, Rabu (01/12/2021).

Dirinya mengungkapkan, suburnya tanaman dan lebatnya buah-buahan di Kecamatan Blimbing tidak terjadi begitu saja. Namun butuh perawatan yang sangat ekstra bagus, sehingga ikan dan tanaman ini hidup dan tumbuh dengan baik.

“Untuk ikan, agar sehat selain diberi makanan yang bagus. Kami juga mengaplikasikan fermentasi kepada air dan kami berikan aerator yang baik,” jelas Arif.

Baca juga :

Secara berkala, dirinya mengatakan, air kolam diganti dan dilakukan pengurangan air kolam kurang lebih 30 persen dari volume kolam. Air kolam yang dikurangi itu tidak dibuang, namun digunakan untuk menyiram tanaman yang ada.

“Air kolam sangat bagus untuk tanaman, karena mengandung nutrisi yang hampir lengkap. Itu salah satu rahasia tanaman yang ada di kawasan ini subur dan rajin berbuah,” terangnya.

Dirinya mengungkapkan, Ikan dan tanaman memerlukan cinta dan kasih sayang agar terhindar dari berbagai hama dan penyakit dan bisa memberikan manfaat. Seperti halnya dengan manusia yang selalu harus mendapat perawatan, sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Memelihara ikan dan tanaman, perawatnya harus cinta dulu dengan apa yang dirawat. Maka cinta itu akan terbawa dan sangat berpengaruh kepada hewan dan tanaman yang dipelihara. Karena kalau itu sudah dilakukan, tentu akan berbalas sempurna. Ikan yang dirawat tumbuh dengan baik, demikian juga dengan tanaman,” terangnya. (mus/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *