Connect with us

Pemerintahan

Kota Probolinggo Raih Dua Kategori Penghargaan di Komisi Informasi Award 2021

Diterbitkan

||

Kota Probolinggo Raih Dua Kategori Penghargaan di Komisi Informasi Award 2021

Memontum Probolinggo – Menjelang penghujung tahun 2021, Pemerintah Kota Probolinggo kembali menorehkan prestasi. Kali ini penghargaan yang diperoleh yaitu sebagai Penyedia Informasi Berkala Terbaik dan Badan Publik Menuju Informatif Kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten/kota se-Jawa Timur dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Komisi Informasi (KI) Awards tahun 2021 secara virtual, Rabu (01/12/2021).

KI Awards merupakan penghargaan atas keterbukaan informasi publik yang diberikan kepada badan publik di wilayah Provinsi Jatim. Kegiatan ini sebagai rangkaian puncak dari monitoring dan evaluasi yang dilakukan Komisi Informasi Provinsi Jatim, terkait kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan ketentuan yang diatur dalam UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Adapun badan publik yang dievaluasi diantaranya perangkat daerah pemerintah Provinsi Jatim, pemerintah kabupaten/kota, KPU dan Bawaslu serta pemerintahan desa yang diajukan oleh masing-masing kabupaten/kota.

Dalam penghargaan itu, terdapat enam kategori dalam penghargaan KI Awards tahun 2021 yang terdiri dari kategori penyedia informasi setiap saat terbaik, kategori penyedia informasi berkala terbaik, kategori pengelola dan pendokumentasian informasi publik terbaik, badan publik menuju informatif, badan publik informatif dan mitra strategis.

Penghargaan dua kategori KI Awards tahun 2021 disambut bangga Asisten Administrasi Umum, Budiono Wirawan didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pujo Agung Satrio dan jajarannya. “Kami dedikasikan penghargaan ini bagi masyarakat Kota Probolinggo yang turut andil dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Ini merupakan penghargaan yang sangat luar biasa bagi kami. Semoga menjadi spirit bagi kami dalam melaksanakan perbaikan keterbukaan informasi publik di masa mendatang,” ujar Budi dalam sambutannya.

Menurutnya, penghargaan ini sebagai wujud komitmen Wali Kota Probolinggo, dalam mewujudkan kinerja keterbukaan informasi publik di Kota Probolinggo. Sehingga, semakin memacu semangat untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan informasi secara transparan kepada masyarakat.

Baca juga :

Terdapat enam kategori dalam penghargaan KI Awards tahun 2021, yang terdiri dari kategori penyedia informasi setiap saat terbaik, kategori penyedia informasi berkala terbaik, kategori pengelola dan pendokumentasian informasi publik terbaik, badan publik menuju informatif, badan publik informatif dan mitra strategis.

Raihan dua kategori KI Awards tahun 2021, disambut bangga Asisten Administrasi Umum, Budiono Wirawan didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pujo Agung Satrio dan jajarannya. “Kami dedikasikan penghargaan ini bagi masyarakat Kota Probolinggo, yang turut andil dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Ini merupakan penghargaan yang sangat luar biasa bagi kami. Semoga, ini menjadi spirit bagi kami dalam melaksanakan perbaikan keterbukaan informasi publik di masa mendatang,” ujar Budi dalam sambutannya.

Menurutnya, penghargaan ini sebagai wujud komitmen Wali Kota Probolinggo dalam mewujudkan kinerja keterbukaan informasi publik di Kota Probolinggo. Sehingga, akan semakin memacu semangat untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan informasi secara transparan kepada masyarakat.

Senada dengan itu, Kepala Diskominfo, Pujo Agung Satrio, mengucap syukur atas keberhasilan meraih dua kategori dalam penghargaan KI Awards tahun 2021. Di tahun kemarin, Kota Probolinggo meraih kategori badan publik menuju informatif saja. Dan di tahun ini berhasil meraih 2 kategori sekaligus dengan nilai B untuk kategori badan publik menuju informatif dengan nilai kisaran 81-96.

“Posisi nilai kita di 96,18 hanya kurang 0,82 untuk menuju kategori A badan publik informatif. Sehingga ini menjadi tantangan dan target ke depan sebagai kota yang informatif serta mempertahankan yang telah diraih,” urai alumni STPDN itu.

Pujo mengakui, keberhasilan dalam KI Awards tahun 2021 ini tidak lepas dari kerjasama  semua pihak. “Mudah-mudahan dengan kolaborasi dan kerjasama yang baik ke depan bisa mewujudkan Kota Probolinggo yang hebat dan handal,” harapnya. Penghargaan itu, akan diserahkan di Grahadi dalam waktu dekat. (kom/pix/com)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *