Connect with us

Jember

Sempat Terhambat Akibat Blanko Kosong, Masyarakat Jember Kembali Bisa Buat KTP

Diterbitkan

||

Sempat Terhambat Akibat Blanko Kosong, Masyarakat Jember Kembali Bisa Buat KTP

Memontum Jember – Beberapa pekan terakhir, muncul keluhan dari masyarakat terkait proses pencetakan KTP el (Kartu Tanda Penduduk elektronik) di Kabupaten Jember. Masyarakat mengaku, cukup terhambat dengan pengurusan atau proses pembuatan.

Mensikapi kondisi itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Jember, Isnaini Dwi Susanti, saat di konfirmasi melalui telepon membenarkan adanya keterlambatan pengurusan KTP. Salah satu sebab, keterlambatan tersebut karena ada kekosongan blanko. Sementara Dispenduk Capil, belum mendapatkan kiriman dari Kemendagri di Jakarta.

Namun demikian, masyarakat kini sudah bisa melakukan pengurusan KTP, untuk dalam waktu dekat. “Alhamdulillah, Dispenduk seluruh Indonesia sudah bisa cetak KTP el warga lagi. Bukan hanya untuk yang emergency saja,” katanya, Kamis (02/12/2021).

Baca juga

Dijelaskan Santi-sapaannya, Minggu terakhir November 2021 atau tepatnya Sabtu 27 November, Kabupaten Jember baru dikirimi blanko KTP el. Tentu saja, itu membuat lega semua.

Santi pun berpesan, agar masyarakat lebih berhati-hati menjaga KTP el yang telah dimilikinya. Sehingga, tidak sampai hilang.

“Mudah-mudahan, ke depan tidak banyak lagi masyarakat yang KTP el nya hilang. Karena banyak masyarakat yang mengaku kehilangan inilah, yang membuat stok Blanko KTP el terganggu,” terangnya.

Mengenai kondisi kekosongan blangko, pun juga dibenarkan Kasi Pelayanan Kecamatan Gumukmas, Nuril Huda. Saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, mengatakan sudah sekitar dua bulan tidak ada KTP tercetak dari Dispendukcapil.

“Silahkan bertanya langsung ke Dispenduk, apa penyebabnya. Saya takut salah memberi informasi,” kata Nuril. (rio/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *