Connect with us

Kabupaten Malang

Lima Kecamatan di Kabupaten Malang Terdampak Awan Panas Guguran Semeru, BPBD Himbau Warga Tetap Waspada

Diterbitkan

||

Lima Kecamatan di Kabupaten Malang Terdampak Awan Panas Guguran Semeru, BPBD Himbau Warga Tetap Waspada

Memontum Malang – Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, tidak hanya berdampak pada warga di Kabupaten Lumajang, Sabtu (04/12/2021) tadi. Sebaliknya, abu awan juga berdampak pada sejumlah pemukiman di wilayah Kabupaten Malang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan, mengatakan bahwa sampai saat ini terpantau dampak awan panas Gunung Semeru hanya berdampak pada turunnya hujan abu dibeberapa wilayah Kabupaten Malang. “Hanya sebatas abu. Sampai saat ini sudah terdapat beberapa wilayah yang mengalami imbasnya. Seperti Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit, Wajak dan Kecamatan Bantur,” kata Sadono Irawan.

Baca juga

Ditambahkannya, bahwa ada kemungkinan beberapa wilayah lainnya juga terdampak, akan tetapi tidak melapor. “Mungkin ada yang lain. Karena untuk Malang (kabupaten, red) tidak terlalu parah. Jadi tidak dilaporkan,” tambahnya.

Dikatakannya, pihak BPBD Kabupaten Malang, untuk saat ini sedang memantau perkembangan di wilayah Tirtoyudo dan sekitarnya. “Karena tidak ada kejadian, jadi sifatnya hanya memantau belum ada tindakan. Namun, kami berharap masyarakat Kabupaten Malang untuk tetap waspada, karena sejatinya levelnya masih waspada belum ada kenaikan,” himbau Sadono.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa kejadian di Lumajang sejatinya adalah erupsi (APG, red) yang bersamaan dengan hujan deras. “Akhirnya lava pijar yang masuk ke sungai itu dibarengi air dingin, seperti meletup-letup yang membawa asap. Namun, itu hanya di Lumajang dan di Kabupaten Malang masih terpantau kondusif,” terang Sadono. (cw1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version