Connect with us

Pemerintahan

Bupati Situbondo Berangkatkan Bantuan Personil hingga Logistik dan Petugas Kesehatan untuk Korban Awan Panas Semeru

Diterbitkan

||

Bupati Situbondo Berangkatkan Bantuan Personil hingga Logistik dan Petugas Kesehatan untuk Korban Awan Panas Semeru

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, memberangkatkan puluhan personel gabungan untuk membantu penanganan dampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Senin (06/12/2021).

“Alhamdulillah, hari ini (Senin, red) kami berangkatkan personel dari Pusdalops BPBD, TAGANA (Dinas Sosial), Palang Merah Indonesia (PMI), Satpol PP dan Baznas, untuk membantu dampak bencana Gunung Semeru,” kata Bung Karna-sapaan bupati, seusai memberangkatkan personel gabungan dan bantuan paket sembako dari Pendopo Kabupaten Situbondo.

Ditambahkan Bung Karna, selain mengirim puluhan personel gabungan ke lokasi terdampak awan Gunung Semeru, Pemkab Situbondo juga mendirikan dapur umum untuk kebutuhan masyarakat. Untuk kebutuhan pendirian dapur umum, nantinya disiapkan beras 1,2 ton, mie, telur dan lauk pauk lainnya untuk masa enam hari ke depan.

“Semoga selama enam hari ke depan, status tanggap darurat bencana Gunung Semeru, sudah selesai. Jika memang tanggap darurat berlanjut, kami dari Pemkab Situbondo, akan terus membantu apa yang menjadi kebutuhan warga terdampak bencana,” ujarnya.

Baca juga

Bupati Karna Suswandi menambahkan, dalam logistik yang dibawa bersama personil, juga dilengkapi seribu dos air minum kemasan dan satu truk tangki air bersih atau minum serta pakaian laik pakai. Kesemuanya, untuk diberikan kepada warga terdampak Gunung Semeru.

“Mudah-mudahan bantuan yang tidak seberapa ini, diharapkan mampu memberikan manfaat kepada warga korban bencana Gunung Semeru, yang terjadi pada Sabtu (04/12/2021) sore lalu,” tuturnya.

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Zainul Arifin, menjelaskan bahwa dari Pusdalops diberangkatkan sebanyak 10 orang personil dan seratus paket sembako dan logistik lainnya. Sedangkan dari Dinas Sosial, juga  memberangkatkan 25 orang personil, dan paket Sembako. Termasuk paket Sembako dari Forum CSR Situbondo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Dwi Herman Susilo, menyampaikan juga mengirim lima orang petugas kesehatan untuk membantu warga terdampak gunung api tersebut. “Selain tenaga kesehatan, kami juga mengirim satu unit ambulans, obat-obatan maupun vitamin, biskuit, makanan tambahan balita, susu SGM dan kebutuhan untuk kesehatan lainnya,” katanya. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *