Connect with us

Kota Malang

Pemkot Malang Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Warga Terdampak Semeru di Pronojiwo Lumajang

Diterbitkan

||

Pemkot Malang Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Warga Terdampak Semeru di Pronojiwo Lumajang

Memontum Kota Malang – Bencana alam awan panas guguran (APG) yang melanda Kabupaten Lumajang, membuat berbagai pihak bahu-membahu membantu masyarakat yang terdampak. Tidak ketinggalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang pada Senin (06/12/2021) ini, turut ambil bagian dalam aksi kemanusiaan.

Wali Kota Malang, Sutiaji, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Widayati Sutiaji, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Alie Mulyanto dan sejumlah jajaran Pemkot Malang, berangkat menuju Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, untuk menyalurkan bantuan.

“Hari ini (Senin, red) penyaluran bantuan kepada saudara-saudara kita yang terdampak bencana alam. Saya bersama teman-teman juga akan menyalurkan langsung dan berangkat bersama ke sana,” ujar Wali Kota Sutiaji.

Bantuan yang terkumpul, tambahnya, tidak hanya berasal dari lingkup Pemkot Malang. Namun, juga dari komunitas maupun pihak swasta.

“Ini kita inventarisir, jadi dari banyak kalangan. Seperti komunitas, Pemkot juga memberikan bantuan,” sambungnya.

Baca juga :

Ditambahkan orang nomor satu di Pemerintah Kota Malang itu, terdapat berbagai jenis bantuan yang disalurkan. Kesemuanya itu, disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat Kabupaten Lumajang yang saat ini tengah kesulitan akibat dilanda musibah.

“Ada barang-barang seperti baju, air, water cannon, dan uang,” terang pemilik kursi N1 tersebut.

Beberapa bantuan antara lain dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang, berupa uang tunai Rp 150 juta, pempers anak, pembalut wanita. Kemudian juga ada bahan pokok seperti beras, susu, sari kedelai, santan instan, air mineral, minyak goreng, kopi, kecap, gula dan camilan.

Wali Kota Sutiaji beserta keluarga juga menyumbangkan kebutuhan pokok. Salah satunya adalah 50 kardus mie instan. Selain itu, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ambil bagian membantu memberikan sembako. Seperti Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) yang memberikan 10 paket sembako. Kemudian dari pihak komunitas ada Malang Tahes Club (MTC) yang menyumbangkan 300 selimut bagi para korban bencana di Kabupaten Lumajang.

Tidak ketinggalan, bantuan berupa tenaga juga diberikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dengan 1 unit Tim Kesehatannya. Lalu 2 mobil pemadam kebakaran (damkar) beserta 10 personil damkar dan 1 kendaraan beserta 6 personel juga diturunkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Malang dalam penyaluran bantuan ini. (hms/mus/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *