Connect with us

Lumajang

161 Hewan Ternak Warga Lumajang Mati jadi Korban Keganasan Awan Panas Guguran Semeru

Diterbitkan

||

161 Hewan Ternak Warga Lumajang Mati jadi Korban Keganasan Awan Panas Guguran Semeru

Memontum Lumajang – Bencana Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (04/12/2021) sore, tidak hanya memakan korban jiwa warga Kabupaten Lumajang. Namun, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, juga mencatat sedikitnya 138 ekor kambing dan 23 ekor sapi atau total 161 hewan ternak, milik warga juga turut mati akibat dampak APG Semeru.

“Iti data sementara itu hewan ternak yang mati. Bahkan, ada beberapa yang sudah dievakuasi,” ungkapnya, Senin (06/12/2021).

Baca juga :

Ditambahkannya, ada pun uraian hewan ternak mati menurut dusun per Senin ini, yaitu di Dusun Bondeli Utara, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, teridentifikasi sebanyak 50 ekor kambing dan Sapi 4 ekor. Lalu, di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Candipuro, sebanyak 36 ekor Kambing dan Sapi 4 ekor. Kemudian, di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, sebanyak 15 ekor Sapi dan Kambing 52 ekor.

Untuk saat ini, ujarnya, pihaknya masih melakukan evakuasi terhadap hewan ternak dibeberapa lokasi. Utamanya, yang di lokasi yang belum diakses oleh kendaraan biasa.

“Untuk hewan ternak selamat, pemerintah memberikan bantuan berupa pakan ternak sebanyak 19 ton, yang terdiri 5 ton konsentrad dan 14 hijauan pakan ternak yang akan didistribusikan hari ini,” paparnya. (kom/adi/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *