Connect with us

Pendidikan

Sukseskan Desa Membangun, Unars Situbondo Jalin MoU bersama Apdesi

Diterbitkan

||

Sukseskan Desa Membangun, Unars Situbondo Jalin MoU bersama Apdesi

Memontum Situbondo – Dalam rangka meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi dan mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Universitas Abdurrahman Saleh (Unars) Situbondo, melakukan penanda-tanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Universitas Abdurrahman Saleh (Unars), Dr. Drs. Karnadi M.Si dan Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesi (Apdesi) Cabang Situbondo H Juharto SH, Rabu (05/01/2022) tadi. Pelaksanaan tersebut, berlangsung di ruang meeting Unars.

Rektor Unars dalam sambutanya mengatakan, bahwa dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi Universitas Abdurrahman Saleh, sudah melakukan kerja sama dengan berbagai instansi di dalam maupun di luar Indonesia. Namun, untuk pelaksanaannya belum optimal karena terkendala dengan pandemi Covid-19.

“Saat ini kerja sama antara Unars dan DPC Apdesi Situbondo sangatlah penting, karena Universitas Abdurrahman Saleh merupakan salah satu universitas yang pertamakali di Indonesia menjalin kerjasama dengan Pemerintahan Desa guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, dari letak geografis desa-desa di Kabupaten Situbondo memiliki luas lautan dan panjang pantai 150 km dan pegunungan, oleh karena itu Unars sebagai Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni yang Unggul, Berkarakter, Berbudaya dan Berbasis Laut Pula, memiliki Fakultas yang mempunyai keunggulan antara lain Fakultas Pertanian, yang mempunyai keistimewaan yaitu mata kuliah pertanian bagi kaum milenial dan yang akan dikembangkan saat ini yaitu perikanan kelautan. Dengan demikian Unars akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menunjang tridharma perguruan tinggi.

“Penandatanganan MoU saat ini bukan sekedar simbolis saja. Akan tetapi, merujuk pada implementasi dari program-program yang akan dibuat melalui perjanjian kerja sama dengan DPC Apdesi Situbondo,” ujarnya.

Baca juga :

Rektor Unars menambahkan, pihaknya menyambut baik kerja sama yang dilakukan Apdesi Situbondo, yang akan membangun desa bersama Apdesi, sebagai wujud perhatian Pemerintah Desa terhadap Unars, yang selalu siap berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan desa di Kabupaten Situbondo.

Rektor juga memberikan apresiasi atas kerja sama ini, yang diharapkan nantinya dapat memberikan manfaat bagi Universitas Abdurrahman Saleh, para pemangku kepentingan baik peserta didik, industri, masyarakat dan pemerintah Desa.

Sementara itu, Ketua Apdesi Situbondo, H Juharto SH, mengapresiasi dan menyambut baik MoU yang diadakan Unars guna meningkatkan SDM Kades dan perangkatnya dalam mendukung program Desa Membangun.

Di samping itu, Juharto menambahkan akan mensosialisasikan kepada para Kades se-Kabupaten Situbondo, untuk diteruskan kepada para perangkat desa mengikuti pembelajaran di Unars dengan menyesuaikan waktunya guna menciptakan SDM yang baik di desa. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *