Connect with us

Lamongan

Road Show Goes to School, Bupati Lamongan Kenalkan Literasi Sejak Dini untuk Generasi Emas

Diterbitkan

||

Road Show Goes to School, Bupati Lamongan Kenalkan Literasi Sejak Dini untuk Generasi Emas

Memontum Lamongan – Melihat pentingnya pendidikan literasi untuk anak usia dini dalam menyongsong generasi emas 2045 Lamongan untuk Indonesia, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, menggelar event road show ‘Goes to School’ yang akan dijadwalkan di enam venue sekolah dasar di Kabupaten Lamongan.

Menandai dimulainya kegiatan tersebut, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, membuka secara langsung event Road Show Goes to School di halaman SD IT Cendikia Lamongan sekaligus sebagai venue pertamanya, Selasa (11/01/2022).

Bertemakan ‘Tetap Berprestasi di tengah Pandemi’, kegiatan ini menurut Bupati Yuhronur, dimaksudkan untuk mengajak peserta didik untuk tetap aktif dan terus berprestasi di tengah pandemi melalui semangat berliterasi dan olahraga. Sehingga tubuh menjadi sehat dan tangkas.

“Hari ini adalah hari pertama goes to school yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Melalui kegiatan ini anak-anak akan lebih bergairah membaca, semakin semangat untuk berliterasi. Jadi, literasi ini bekal paling penting ketika nanti anak-anak tumbuh dewasa untuk meraih kesuksesan,” tuturnya.

Bupati Yuhronur mengungkapkan pentingnya menumbuhkan literasi baca dan tulis, sehingga diharapkan akan memberi pengetahuan dan kecakapan dalam mengolah informasi. Sehingga dengan pengenalan literasi sejak dini anak-anak akan tumbuh menjadi generasi cerdas dan memiliki wawasan luas.

Baca juga :

“Meski literasi tidak terbatas hanya membaca buku saja, literasi sangat luas, bisa literasi budaya, numerik, digital dan lain sebagainya. Dengan pengenalan literasi sejak dini, anak-anak semakin cerdas dan memiliki wawasan yang luas dalam mempersiapkan generasi yang berkarakter,” ungkapnya.

Dihadapan para anak-anak, Bupati Yuhronur juga memberi semangat kepada generasi emas Lamongan untuk aktif bergerak. “Bagaimana anak-anak ini tetap sehat, tidak mager alias malas gerak yakni dengan aktif bergerak, belajar dan tentunya ditunjang dengan minum vitamin,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Amal Islam Lamongan, Sarmadi, mengucapkan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Lamongan kepada SD IT Cendekia sebagai tempat pembukaan event road show goes to school. Ke depan, dirinya berharap mutu dan kualitas pendidikan yang ada di Kabupaten Lamongan semakin meningkat.

Keceriaan dan kegembiraan semakin terasa dengan kelucuan dan semangat anak-anak saat menjawab berinteraksi dengan Bupati Yuhronur. Keberhasilan anak-anak dalam menjawab pertanyaan yang diajukan Bupati Lamongan, seperti nama-nama kecamatan di Kabupaten Lamongan, hingga lambang kota Lamongan menunjukkan kesuksesan literasi yang telah di gaungkan selama ini.

Untuk menunjang budaya literasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah juga menyediakan mobil perpustakaan di venue event hingga memfasilitasi dongeng anak untuk tumbuh kembangkan wawasan anak-anak. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *