Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Puluhan Alumni, Motivasi Siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo Masuk PTN

  • Rabu, 3 Januari 2018 | 16:37
  • / 15 Rabiul Akhir 1439
  • Dibaca : 183 kali
Puluhan Alumni, Motivasi Siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo Masuk PTN
Sejumlah Alumni SMK Antartika 2 Sidoarjo yang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memberikan penyuluhan ke para siswa dan siswi kelas 12 agar termotivasi masuk perguruan tinggi, Rabu (3/1/2018).

Memontum Sidoarjo Sekitar 35 alumni SMK Antartika 2 Sidoarjo yang kini masuk ke sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Timur dan Jawa Tengah memberikan motivasi kepada ratusan siswa dan siswi kelas 12 SMK Antartika 2 Sidoarjo. Mereka mengajak para adik kelasnya itu, untuk tetap Percaya Diri (PD) dan tidak minder untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan baik melalui program Bidik Misi maupun melalui SNMPTN dan SBMPTN.

Sejumlah alumni yang memberikan motivasi itu merupakan mahasiswa semester 2 hingga 6. Mereka berasal dari Unair, Unesa, ITS, Unibraw, UIN Surabaya, UIN Yogyakarta, Universitas Trunojoyo, Unej serta dari UPN Surabaya. Mereka menjabarkan cara masuk PTN, biaya hidup serta SPP. Selain itu juga menjabarkan program pintu masuk menentukan biaya yang bakal dipatok untuk para mahasiswa.

‘Kami sosialisasi kampus sekaligus beasiswa, biaya hidup, perkuliahan dan sharing sejumlah teknis perkuliahan lainnya. Tujuannya agar bisa memotivasi semangat dalam adik-adik kelas kami mendapatkan beasiswa di PTN. Karena kuliah di negeri mandiri yang dianggap mahal itu sebenarnya tidak benar. Banyak kemudahan,’ terang

Muhammad Dimas Nuruddin Wahid Rafsanjani, alumni yang kini mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kepada Memo X (Grup Memontum.com), Rabu (3/1/2018).

Lebih jauh mahasiswa semester 4 Fakultas Hukum ini menguraikan program Expo Campur Modern di SMK Antartika 2 Sidoarjo dianggapnya sudah ada sejak dirinya duduk di kelas 12 SMK Antartika 2 Sidoarjo Tahun 2016 lalu. Menurutnya, acara itu penting agar para pelajar SMK yang merupakan adik kelasnya itu tetap bersaing dengan para lulusan dari SMA lainnya.

‘Komunikasi dan berbagi seperti ini penting agar para alumni semakin banyak yang masuk PTN maupun PTS,’ imbuh Alumni 2016 warga asal Perum Puri Sejahtera I, Blok D 7, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo ini.

Sementara Kepala SMK Antartika 2 Sidoarjo, Imam Jawahir menegaskan
Expo Campus Modern ini merupakan
kegiatan mengenalkan perguruan tinggi negeri ke siswa kelas 12. Para alumni itu memberi informasi yang jelas termasuk biaya kos, transportasi dan lainnya termasuk bisa ditempuh sekali perjalanan tanpa kos. Misalnya di kampus Trunojoyo Madura bisa ditempuh pulang pergi.

‘Motivasi ini penting karena pelajar SMK biasanya mindernya tinggi. Para alumni (kakak kelas) ini memotivasi dan memberi peluang berjuang jika ada kesempatan masuk PTN. Saat ini tercatat sudah ada 22 alumni masuk SNMPTN, belum yang lewat SBMPTN, reguler, bidik misi dan lewat jalur SNPTN,’ ungkapnya.

Acara ini biasanya ditindaklanjuti ke orangtua siswa masing-masing agar memiliki kampus sesuai kemampuan intelektual dan biaya. Jangan sampai sudah masuk PTN, ternyata batal karena alasan biaya atau lainnya.

‘Agar para siswa dan siswi yang ada kemauan meraih cita-citanya tecapai dan jumlah alumni yang masuk PTN makin meningkat,’ pungkasnya. (wan/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional