Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Koramil 0815/16 – Polsek – BPBD – Instansi Terkait Bersihkan Material Longsor Jurang Gembolo

  • Senin, 8 Januari 2018 | 17:57
  • / 20 Rabiul Akhir 1439
Koramil 0815/16 – Polsek – BPBD – Instansi Terkait Bersihkan Material Longsor Jurang Gembolo
Anggota Koramil, Poksek, BPBD, PU Bina Marga, Perhutani, relawan dam warga bersama-sama membersihkan puing-puing longsor
Memontum Mojokerto Hujan deras yang mengguyur kawasan Pacet, Mojokerto sejak Minggu (07/01/2018), mengakibatkan terjadi longsor di tebing sepanjang 10 meter dari ketinggian 15 meter tepatnya di jalan Jurang Gembolo Desa Cembor Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.
Longsor terjadi sekitar pukul 16.12 WIB, membuat akses dari Pacet ke Trawas dan sebaliknya sempat ditutup untuk sementara. Beberapa saat dari kejadian tebing longsor, pihak Koramil, Polsek, Kecamatan, anggota BPBD Kabupaten Mojokerto, Relawan dan Warga langsung terjun ke lokasi untuk mengecek sekaligus melakukan pembersihan secara manual.
Namun tumpukan material longsoran setinggi sekitar 4 meter tersebut, cukup membuat kesulitan para petugas yang melakukan pembersihan. Hingga malam hari sekitar pukul 22.00 WIB, baru 40 persen, material longsor yang berhasil dibersihkan, untuk sisanya sekitar 60 persen akan dikerjakan esok hari.
Kemudian pada Senin (08/02/2018), sekitar 60 orang gabungan Anggota Koramil 0815/16 Pacet, Polsek, Kecamatan, BPBD Kabupaten Mojokerto, Dinas PU Bina Marga, Perhutani bersama sejumlah Relawan dan Warga, kembali terjun ke lokasi melakukan pembersihan material longsor dengan alat seadanya.
Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Kapten Inf Suparno mengatakan, longsornya tebing di kawasan Jurang Gembolo tersebut hanya menutup akses jalan untuk sementara waktu, mulai sore kemarin jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan sistem buka tutup.  Beruntung saat terjadinya longsor tidak ada pengguna jalan yang melintas, sehingga tidak ada korban jiwa, terangnya.
Danramil juga menghimbau masyarakat atau pengguna jalan yang melintasi jalur alternatif Pacet – Trawas atau rute rawan longsor lainnya agar lebih waspada terlebih disaat hujan terjadi dengan intensitas tinggi karena khawatir terjadi longsor susulan. (gan/ono)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional