Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Bantuan Logistik Tak Juga Datang, Korban Tanah Retak Berusaha Mandiri

  • Rabu, 10 Januari 2018 | 21:11
  • / 22 Rabiul Akhir 1439
Bantuan Logistik Tak Juga Datang, Korban Tanah Retak Berusaha Mandiri
Salah satu rumah warga terdampak yang nyaris roboh

Memontum TrenggalekPasca terjadi bencana tanah retak pada Rabu (10/1/2017) dini hari, warga terdampak tak kunjung dapatkan bantuan logistik dari Pemerintah setempat. Seperti yang diberitakan sebelumnya, bencana alam tanah retak kembali terjadi di Dusun Soko Desa Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek.

Berdasarkan pantauan dilokasi kejadian, korban tanah retak tak kunjung dapatkan bantuan logistik dari Pemerintah. Akibatnya, warga berusaha memenuhi kebutuhan logistik secara mandiri.

Saat dikonfirmasi, salah satu warga terdampak menuturkan hingga tengah hari pasca terjadi tanah retak di daerahnya, sejumlah warga belum mendapatkan bantuan logistik. “Pasca bencana tanah retak terjadi, hingga tengah hari warga terdampak belum mendapatkan bantuan logistik berupa makanan atau bahan makanan dari Pemerintah, ” ungkap Mariyah.

Diakui Mariyah, untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, warga berusaha sendiri semampunya. Warga juga tak mau menunggu terlalu lama datangnya bantuan logistik dari Pemerintah yang belum tentu realisasinya.

Warga berharap agar Pemerintah setempat mau untuk melakukan renovasi bagi warga yang terdampak bencana tanah retak. Pasalnya, warga sudah tidak berani untuk kembali menempati rumahnya yang nyaris roboh.

“Tahun lalu kan bencana yang sama juga terjadi di daerah ini. Akan tetapi tidak separah yang tahun ini. Bahkan pasca bencana tahun lalu, sebagian warga masih kembali untuk menempati rumah bekas dampak tanah retak. Akan tetapi bencana tanah retak yang terjadi kali ini cukup parah, sehingga warga sudah tidak berani lagi menempati rumahnya yang hampir roboh, ” tegasnya.

Meskipun bantuan logistik tak kunjung datang, namun Pemerintah Desa bersama BPBD setempat telah berupaya membantu korban untuk melakukan evakuasi barang – barang berharga dari rumah korban untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman. (mil/yan) 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional