Connect with us

Mojokerto

Kapolres Mojokerto Peduli Pendidikan, Tandatangani MoU dengan Bupati Tentang Program Wajib Baca

Diterbitkan

||

Memontum Mojokerto- Dalam upaya turut mencerdaskan kehidupan bangsa yang tertuang dalam alinea IV pembukaan UUD 1945 yang merupakan salah satu tujuan negara. Menyikapi hal tersebut, Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata S.Sos, S.I.K, MH mempunyai sebuah terobosan kreatif. Hal ini juga pernah di laksanakan saat Leonardus menjabat Kapolres Batu.

Untuk merealisasikan terobosan kreatif tersebut, Kapolres memerintahkan Kasat Binmas, AKP Bambang Sujatmiko untuk berkoordinasi dengan instansi terkait. Baik Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan Daerah maupun Pimpinan cabang Bank BRI untuk menyulap mobil penerangan keliling Sat Binmas menjadi mobil cendekia yang dioperasionalkan sebagai perpustakaan keliling. Ini dilakukan untuk menjangkau sudut-sudut wilayah masyarakat kecil, guna menumbuh gemarkan membaca cakrawala pengetahuan.

 Kapolres Mojokerto, AKBP Leonardus Simamarta S.Sos, S.I.K, MH saat penandatanganan MoU dengan Bupati Mojokerto, Mustafa Kamal Pasha.(ar)

Kapolres Mojokerto, AKBP Leonardus Simamarta S.Sos, S.I.K, MH saat penandatanganan MoU dengan Bupati Mojokerto, Mustafa Kamal Pasha.(ar)

Hal ini terbukti dengan dilaksanakannya penandatanganan MoU Kapolres Mojokerto dengan Bupati Mojokerto, tentang upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, melalui sinergitas program wajib membaca. Serta melaunching Mobil Cendekia Sat Binmas Polres Mojokerto, di Pacet Mini Park Dusun Randegan, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Rabo (17/1/2018) pukul 10.00 WIB.

Penandatanganan MoU ini di saksikan oleh Kasdim 0815, Pejabat Utama (PjU) Polres mojokerto, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mojokerto, Pengadilan Negeri Mojokerto, Kejaksaan Negeri Mojokerto, Muspika Kecamatan Pacet, Perwakilan 3 Pilar se Kabupaten Mojokerto dan Perwakilan Warga Masyarakat Buta Aksara.

Dalam sambutannya, AKBP Leo menjelaskan maksud dan tujuan melaksanakan Memorandum Of Understanding (MoU) yakni, untuk menumbuh kembangkan masyarakat usia produktif yang gemar membaca, yang berlatar belakang masih belum berkesempatan untuk bisa bersekolah formal. “Untuk itu mobil cendekia hadir menjawab permasalahan tersebut,” terang Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan, nantinya akan ada jadwal kunjungan dalam setiap harinya. Sasarannya, tentu saja anak-anak putus sekolah, anak jalanan, masyarakat buta aksara. Sat Binmas juga akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan Daerah untuk menyiapkan buku-buku terbaik. “Dan tiap bulannya akan di ganti buku baru sehingga masyarakat tidak bosan dengan buku yang mereka baca,” ujar Kapolres yang sangat dekat dengan berbagai golongan ini.

Dalam sambutannya, Bupati Mojokerto, Mustafa Kamal Pasha (MKP) menyampaikan, saya sangat mengapresiasi dan mensupport penuh apa yang telah digagas oleh Mas Leo. “Kepolisian yang modern seperti sekarang ini, tidak hanya memberi rasa aman, melainkan juga turut berkontribusi positif dalam pendidikan masyarakat Mojokerto,” terang Bupati kepada seluruh yang hadir di acara MoU tersebut.

Kegiatan dilanjutkaan dengan Launching Mobil Cendekia Sat Binmas Polres Mojokerto dengan pemecahan Kendi oleh Bupati dan Kapolres Mojokerto, serta penyiraman Air Kembang. Hal ini merupakan kearifan lokal yang bertujuan memohon perlindungan agar mobil tersebut terhindar dari musibah dan dapat beroperasi sesuai harapannya. (ar/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terpopuler