Connect with us

Probolinggo

Lagi, Puluhan Hektar Hutan Gunung Bentar Terbakar

Diterbitkan

||

Lokasi hutan yang terbakar. (pix)

Memontum ProbolinggoKawasan hutan yang si kenal dengan gunung Bentar yang terletak di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, terbakar sore ini. (26/10/2017). Dugaan sementara hutan gunung Bentar ini terbakar karena sengaja dibakar oleh orang tak dikenal dengan menggunakan ban bekas. Kobaran api dan asap hitam terlihat dari kejauhan di areal lereng Bukit Bentar.

 

 

Kencangnya angin dan banyaknya dahan pohon yang kering, semakin menambah cepatnya api menjalar. Jauhnya lokasi dari aliran air, membuat kobaran api semakin besar dan sulit dipadamkan. Kebakaran tersebut sangat membahayakan karena lokasi kebakaran berdekatan dengan SPBU dan SPBE Curahsawo, yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari lokasi.

 

Ban mobil yang terbakar di tengah hutan. (pix)

 

“Tidak tahu awalnya, tadi tiba tiba terlihat asap hitam yang tinggi. Khawatir merembet ke SPBU, makanya saya memastikan ke lokasi,” tutur seorang warga Curah Sawo, Misnadi. Karena lokasi memang susah dijangkau oleh mobil pemadam, terpaksa pemadaman di lakukan secara manual dengan menggunakan alat seadanya.

 

 

Dugaan sementara kebakaran ini dipicu oleh terbakarnya ban bekas.  hal itu memang disengaja oleh orang yang tak bertanggungjawab, untuk membakar hutan lereng Bukit Bentar. Ban bekas itu terbakar di tengah lahan yang terbakar.

 

 

“Tak mungkin ada ban bekas disini, kalau tidak sengaja dibawa dan dibakar di lokasi.” jelas Ahmad warga Curah Sawo.

 

Sementara itu Kapolsek Gending Kabupaten Probolinggo. AKP Sunaryo, yang datang ke TKP menjelaskan, bahwa kebakaran di gunung bentar tersebut sering terjadi, bahkan dalam sebulan ini sudah Dua kali terjadi.

 

 

“Memang kebakaran hutan ini sering terjadi bahkan dalam sebulan sudah 2 kali terjadi,” terangnya. “Ini kami berusaha memadamkan secara manual karena mobil damkar tidak bisa masuk dan tidak ada saluran air,” tandas kapolsek.

 

 

“Kita juga akan menyelidiki terkait adanya ban bekas yang terbakar di tengah tengah lahan yang kebakaran,” ungkapnya. (pix/yan)

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *