Memontum.Com

iklan kpu kota malang
space ads post kiri

Di Lumajang, Ada 462 Koperasi Aktif, 192 Tidak Aktif dan 140 Dibubarkan

  • Senin, 29 Januari 2018 | 15:44
  • / 12 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 128 kali
Di Lumajang, Ada 462 Koperasi Aktif, 192 Tidak Aktif dan 140 Dibubarkan

Memontum Lumajang—Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag. membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017 Paguyuban Koperasi Wanita Sekar Tanjung Kecamatan Yosowilangun, di Pendopo Asta Brata Kecamatan Yosowilangun, Minggu (28/1/2018).Koperasi diharapkan menjadi tumpuan hasil produk asli Lumajang, agar makin laku diperjualbelikan.

Pada kata sambutannya, bupati mengingatkan, sejak didirikan, koperasi menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Bupati mengatakan, saat ini, merupakan era dimana kreatifitas sedang digalakkan. Begitu juga dengan kreatifitas produksi local, juga sedang dimarakkan. Anggota Kopwan Yosowilangun yang menggunakan batik Lumajang khas produksi warga Yosowilangun, adalah bentuk kreatifitas.

“Sikap yang demikian itu merupakan bukti warga Yosowilangun mencintai produk lokal,” kata Bupati.

Sehubungan dengan cinta produk lokal, bupati juga menjelaskan budaya swadesi, upaya memakai baju produksi sendiri, telah digalakkan dan dikuatkan. Ia menegaskan juga setidaknya tiap kecamatan memiliki sentra batik maupun desa wisata yang terbangun dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Drs. Abdul Majid, M.M., melaporkan bahwa perkembangan kopwan se- Kabupaten Lumajang yang saat ini beranggotakan 16.766 anggota.

“Jumlah koperasi di Lumajang, ada 462 koperasi aktif, 192 koperasi tidak aktif, dan 140 koperasi dibubarkan,” Terang Kepala Dinas Koperasi.

ia juga menjelaskan perkembangan RAT se- Kabupaten Lumajang, 150 dari 250 kopwan atau 73% sudah melaksanakan RAT, 46 dari 84 koperasi syariah atau 55% sudah melaksanakan RAT, jumlah keseluruhan 462 koperasi aktif yang sudah melaksanakan RAT 223 koperasi atau 48%. Selain itu, Dinkop dan UM juga tetap melakukan pendampingan dan pelatihan kepada seluruh jajaran koperasi dan kopwan.

Ketua paguyuban koperasi Sekar Tanjung se-Kecamatan Yosowilangun, Lilis Pujaharwati, melaporkan tujuannya yaitu mengesahkan notulen tahun buku 2017, membahas dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus tahun buku 2017, membahas dan mengesahkan laporan pemeriksaan pengawas tahun buku 2017, membahas dan menetapkan pembagian dan penggunaan SHU tahun 2017, membahas dan menetapkan rencana kerja dan perencanaan anggaran serta pendapatan belanja.(adi/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional