Memontum.Com

pariwisata kabupaten malang
iklan PT. BSI
space ads post kiri

Sumber Songo Jenggolo Kepanjen Segera Dikemas Jadi Air Mineral

  • Rabu, 7 Februari 2018 | 17:19
  • / 21 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 129 kali
Sumber Songo Jenggolo Kepanjen Segera Dikemas Jadi Air Mineral
H Lisdyanto Kepala Desa Jenggolo Tunjukkan Mesin Produksi

*Diharap Sejahterakan Masyarakat & Serap Tenaga Kerja

Memontum Malang— Setelah melalui proses selama satu setengah tahun, akhirnya mata Air Sumber Songo desa Jenggolo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang segera dikemas menjadi air mineral. Dengan menggunakan merk ASS-9, hal itu sesuai hasil kesepakatan pihak pemerintahan desa bersama Ketua BPD setempat dan dan warga desa beberapa waktu lalu.

H Lisdyanto Kepala Desa Jenggolo mengatakan, saat ini pihak pemerintahan desa sudah memiliki sebanyak 15 unit alat canggih yang nantinya untuk memproduksi air lebih cepat. Beberapa diantaranya seperti Reverse Osmosis (RO) yang berfungsi sebagai metode pengolahan air bersih yang paling selektif. Kemudian ada Water Treatment yang berfungsi sebagai instalasi pengolahan air, termasuk Cup Sealer, alat segel dan press gelas plastik.

 Mata Air SumberSongo(Sur)

Mata Air SumberSongo(Sur)

“Untuk pembelian sejumlah alat tersebut kami anggarkan dari Dana Desa (DD) tahun 2016-2017 dan swadaya masyarakat sebesar Rp 300 juta. Adapun untuk biaya total keseluruhan bisa lebih dari Rp 500 juta”, ujar Lisdyanto Rabu (7/2/2018) siang.

Tambah dia, yang jauh dari prediksi saat ini yakni saluran arus listrik, jika sebelumnya hanya mencapai kisaran ratusan watt, tetapi untuk menggerakkan alat-alat tersebut justru bengkak menjadi 16.000 watt.

“Dengan perusahaan air mineral nanti, selain menambah kesejahteraan warga desa juga memberi lapangan kerja bagi warga sekitar”, harapnya.

Sayangnya, Lisdyanto belum bisa pastikan, kapan launching perusahaan yang bakal dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) ini dilaksanakan. Namun yang jelas, terang dia, launching nanti dilaksanakan di seputaran tahun 2018 ini. Adapun mengenai nama ASS-9, itu disesuaikan dengan nama sumber mata air yakni Sumber Songo, yang selama ini diyakini kalangan masyarakat luas, dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

“Kedepan kami juga berharap, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Pemberdayaan Manusia (PPM) serta mengoptimalkan Sumber Daya Alam (SDA).Dengan melalui AirMinum Dalam Kemasan (AMDK) dari mata air Sumber Songo,” terangnya. Adapun untuk target kedepan juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) setempat. (sur/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional