Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Tingkatkan Budaya Membaca, PKBM Cahaya Mulia Gelar Cerdas Cermat

  • Minggu, 11 Februari 2018 | 09:01
  • / 25 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 177 kali
Tingkatkan Budaya Membaca, PKBM Cahaya Mulia Gelar Cerdas Cermat
Gulita Rina Ambarwati, Kepala PKBM Cahaya Mulia saat memberikan hadiah kepada pemenang juara satu lomba cerdas cermat untuk meningkatkan minat baca dan mutu pendidikan menjadi lebih baik.

Memontum Malang— Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)Kecamatan Ngajum menggelar lomba cerdas cermat tingkat sekolah dasar. Ini untuk meningkatkan mutu pendidikan, juga membangkitkan minat baca peserta didik. Gulita Rina Ambarwati S.Pd M.Pd, Ketua PKBM Cahaya Mulia menjelaskan, kegiatan Literasi Taman Bacaan Masyarakat ini diikuti oleh 30 orang peserta.

Bertujuan agar kegiatan literasi ini dapat menumbuhkembangkan minat dan budaya membaca terhadap masyarakat khususnya anak didik di sekolah dasar. Karena di era global ini banyak informasi, berita, bacaan yang diperoleh anak-anak dari media sosial yang tidak jelas kebenarannya atau bisa dibilang hoax.


Program literasi yang baik bersifat berimbang. Kepada sekolah yang menerapkan program literasi berimbang, akan menyadari bahwa tiap peserta didik memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain dalam berbagai strategi membaca. Literasi, tanggung jawab semua guru di semua mata pelajaran. Pembelajaran di mata pelajaran apapun membutuhkan bahasa, terutama membaca dan menulis. Dengan demikian, pengembangan profesional guru dalam hal literasi perlu diberikan kepada guru semua mata pelajaran.

“Membaca dan menulis di kelas perlu dilakukan kapan pun kondisi di kelas memungkinkan,” ujarnya.

Literasi yang kuat akan melakukan berbagai kegiatan lisan berupa diskusi tentang buku selama pembelajaran di kelas. Kegiatan diskusi ini juga harus membuka kemungkinan untuk perbedaan pendapat agar kemampuan berpikir kritis dapat diasah.

Peserta didik perlu belajar untuk menyampaikan perasaan dan pendapatnya, saling mendengarkan dan menghormati perbedaan pandangan satu sama lain. Harapannya kegiatan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan dan bisa diikuti seluruh sekolah dasar se-kecamatan Ngajum. Kegiatan literasi di PKBM Cahaya Mulia juga menggelar event cerdas cermat bagi pelajar tingkat sekolah dasar.

Ahmad Wachid Arief, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Masyarakat menambahkan, bahwa kegiatan literasi ini sangat baik dalam mendukung program meningkatkan budaya membaca dan kecintaan membaca untuk menambah wawasan pengetahuan bagi anak anak di Kabupaten Malang.

“Budaya membaca ini kan bagus untuk meningkatkan mutu pendidikan,” tegasnya.

Dalam acara cerdas cermat yang digelar di PKBM Cahaya Mulia, sebagai juara pertama lomba literasi SDN Maguan 02, Juara dua SD Maguan 02, Juara tiga SD Balesari 03 dengan hadiah berupa tropy dan tas sekolah.

“Yang tidak menang pun dapat souvenir alat tulis sekolah agar tetap semangat belajar,” ujar Gulita Rina Ambarwati. (met/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional