Memontum.Com

iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana
space ads post kiri

Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah Terus Digalakan Dinas Lingkunga Hidup

  • Senin, 12 Februari 2018 | 14:56
  • / 26 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 69 kali
Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah Terus Digalakan Dinas Lingkunga  Hidup
Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah

Memontum Blitar – Untuk menyikapi peliknya persoalan sampah di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggagas Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah. Menindak lanjuti gagasan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar menggelar kegiatan Jumat bersih di Lingkungan Kantor Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jumat (09/02/2018).

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar akan terus menggalakan gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah di tingkat lingkungan, instansi, keluarga dan sekolah. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara terus menerus dan bergantian dari instansi satu ke instansi lainnya, yang dilaksanakan mulai 21 Januari hingga 21 Maret 2018.

“DLH akan melaksanakan kegiatan ini merata di seluruh wilayah Kabupaten Blitar. Diharapkan semua pihak, baik pegawai negeri maupun warga masyarakat dapat meningkatkan kebersihan di lingkungan masing-masing”, kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Krisna Triatmanto, Jumat (09/02/2018).

 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar menggelar kegiatan Jumat bersih di Lingkungan Kantor Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar menggelar kegiatan Jumat bersih di Lingkungan Kantor Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah ini digelar bertepatan dengan momen memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2018 mendatang. Sesuai instruksi dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, aksi bersih sampah ini akan dilaksanakan selama tiga bulan dimulai 21 Januari kemarin.

“Gerakan ini akan fokus pada pengelolaan persampahan di seluruh wilayah Kabupaten Blitar”, tandas Krisna Triatmanto.

Lebih lanjut Krisna Triatmanto menyampaikan, rangkaian kegiatan Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah ini antara lain, melakukan sosialisasi kebersihan di setiap lingkungan masyarakat dan sekolah.

“Dalam Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah ini, untuk menggerakkan kebersihan di lingkungannya masing-masing, kita melibatkan seluruh elemen, mulai dari perkantoran, swasta, pelajar dan masyarakat”, jelasnya.

Dengan adanya gerakan ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah sampah di wilayahnya masing-masing, sehingga lingkungan menjadi lebih bersih.

“Untuk mendukung kegiatan ini, kita akan fasilitasi masyarakat dengan bantuan perangkat kebersihan, seperti, tong sampah, karung pemilah sampah, gerobak sampah, juga kita siapkan beberapa armada pengangkut sampah”, ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar menambahkan, Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah ini, selian untuk menunjukkan bahwa masalah sampah merupakan tanggung jawab semua, bukan hanya jadi tanggung jawab dinas atau tanggung jawab pasukan kebersihan. Juga merupakan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pengolahan terhadap sampah di lingkungannya masing-masing.

“Sampah harus dikelola di sumbernya dan semua orang harus ikut berpartisipasi. Jadi bukan hanya tanggung jawab dinas atau tanggung jawab pasukan kebersihan”, pungkasnya. (jar/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional