Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

KPM Uwiga Berikan Manfaat Langsung ke Warga Ngadireso

  • Selasa, 13 Februari 2018 | 16:56
  • / 27 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 116 kali
KPM Uwiga Berikan Manfaat Langsung ke Warga Ngadireso
Mahasiswa KPM Uwiga membantu pemasangan genteng. (ist)

Memontum MalangLebih dari sebulan, mahasiswa Universitas Widyagama (Uwiga) Malang melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di lingkungan masyarakat Desa Ngadireso, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, mulai 14 Januari hingga 11 Februari 2018. Dimana dalam KPM tersebut diisi dengan berbagai kegiatan interaksi langsung dengan masyarakat setempat.

“KPM kami berbeda dengan KPM lainnya, karena KPM Universitas Widyagama ini tidak hanya fokus pada 1 bidang saja, melainkan di semua lini, seperti pendidikan, penyuluhan, mengajar di SD, pemberdayaan Sumberdaya Alam (SDA) melalui produksi berbagai macam panganan dari singkong (dendeng, brownies, steak daun, nugget), penanaman pohon, dan pengadaan tempat sampah, hingga perbaikan fisik,” ungkap Ketua Kelompok I KPM UWG, M. Safaat Surya Damai.

 Mahasiswa KPM Uwiga bersama perangkat desa Ngadireso. (ist)

Mahasiswa KPM Uwiga bersama perangkat desa Ngadireso. (ist)

Safaat menambahkan, KPM Universitas Widyagama benar-benar bermanfaat langsung bagi masyarakat desa Ngadireso, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. “Setidaknya ada manfaat langsung yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Dimana masyarakat merasa terbantu secara perekonomian. Sehingga kami mampu turut mengentaskan kemiskinan, melalui inovasi-inovasi yang bisa kami berikan, seperti produksi dendeng dan brownies dari singkong, yang akhirnya bisa ditemui di desa ini,” terang M. Safaat.

Pembelajaran SD di luar sekolah oleh mahasiswa KPM. (ist)

Pembelajaran SD di luar sekolah oleh mahasiswa KPM. (ist)

Hal senada juga diungkapkan Mugiono, selaku Kepala Desa Ngadireso, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. “Inilah yang membedakan antara KPM Universitas Widyagama Malang dengan KPM kampus lain yang pernah KPM di sini sebelumnya. Mereka ini sangat dekat dengan masyarakat, apalagi semua kegiatannya langsung menyentuh masyarakat kami,” terang Mugiono.

Mugiono pun sangat terkesan dengan acara penutupan KPM Universitas Widyagama Malang yang mengumpulkan mahasiswa dan masyarakat dari beberapa desa di satu lokasi, sehingga keakrabannya dapat dirasakan oleh masyarakat desa lain, yang secara tak langsung menyambungkan tali silaturahmi masyarakat desa Ngadireso dengan masyarakat desa lain.

Dalam momentum penutupan sekaligus perpisahan mahasiswa KPM dengan masyarakat, mahasiswa Universitas Widyagama Malang menggelar acara jalan sehat dan hiburan di kantor Desa Ngadireso, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Minggu (11/2/2018) pagi. Selain diikuti oleh para mahasiswa, masyarakat dari kalangan ibu-ibu hingga anak-anak sangat antusias memeriahkan acara. Tak ketinggalan, perangkat pemerintah desa.

Acara hiburan yang diisi dengan berbagai macam tari-tarian anak-anak dari TK dan PAUD di desa tersebut berlangsung sangat meriah, selain ada beberapa hiburan lainnya. “Baru dari Universitas Widyagama yang mengadakan jalan sehat seperti ini. Harapannya, semoga silahturahmi antara mahasiswa ataupun kampus Universitas Widyagama Malang tak terhenti disini, maupun terputus setelah KPM berakhir. Kami akan membuka tangan bila mereka silaturahmi ke sini. Dan kami siap bekerjasama lagi dengan Universitas Widyagama,” tandas Mugiono. (rhd/tw)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional