Memontum.Com

iklan kpu kota malang
space ads post kiri

SMPN 3 Kepanjen Simulasi UNBK, Siapkan Mental Siswa agar Tidak Grogi

  • Kamis, 15 Februari 2018 | 13:44
  • / 29 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 124 kali
SMPN 3 Kepanjen Simulasi UNBK, Siapkan Mental Siswa agar Tidak Grogi

Memontum Malang— Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kepanjen. Ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan membuat mental anak-anak lebih siap dan tidak grogi saat ujian sesungguhnya.

Durrotul Bahghiyah, Kepala Sekolah menengah pertama negeri 3 Kepanjen menjelaskan, tujuan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMPN 3 Kepanjen untuk persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan diikuti oleh 8 rombongan belajar sebanyak 263 siswa dan mempersiapkan mental peserta didik saat ujian tidak grogi dan drop.

Disamping tujuan simulasi Ujian Nasional (UNBK) untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk mengetahui kesiapannya menghadapi UN. Karena Seorang siswa yang pada saat simulasi hasilnya belum memuaskan akan belajar lebih giat lagi agar mendapat nilai UN yang lebih baik.

“Hasil simulasinya sudah baik akan merasa sedikit lebih tenang dan lebih,” ujarnya. Kegiatan simulasi UNBK akan dikerjakan bagi seorang siswa seperti mengerjakan soal yang mirip dengan soal ujian nasional sesungguhnya .

Durrotul Bahghiyah menambahkan ,bahwa dalam simulasi UNBK ini berusia soal-soal yang sudah disusun sesuai dengan Kisi-Kisi Ujian Nasional kurikulum 2013.

Setiap soal harus dikerjakan dalam waktu sesuai waktu UN, serta soal dikerjakan pada lembar jawaban komputer (LJK) yang mirip dengan lembar jawaban komputer pada ujian nasional.

“Dengan berlatih mengerjakan soal pada lembar jawaban komputer, siswa dapat terhindar dari kesalahan saat pengisian jawaban ,” tukas Durrotul Bahghiyah kepada Memo X (Grup Memontum.con) Kamis (15/2/2018)

Pelaksanaan simulasi Ujian selama dua hari mulai 14-15 Februari 2018 dalam satu sesi dimulai hari Rabu simulasi UNBK mulai pukul 08.00- 10.00 mata pelajaran bahasa Indonesia jam kedua mulai pukul.10.00-12.00 mata pelajaran Matematika .

Hari kedua simulasi UNBK jam Pertama mulai pukul 08.00-10.00 Bahasa Inggris jam.kedua 10.00-12.00 Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Alam .

Harapannya dari hasil simulasi bisa dijadikan evaluasi dan maping sejauh mana kemampuan adik adik dalam menyerap mata pelajaran dan simulasi UNBK ini berdampak positif kepada anak didiknya bisa masuk di melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan masuk di sekolah negeri.

Muhammad Ari,kepala SMP negeri 4 Satu Atap Karangploso menambahkan ,siswanya yang ikut simulasi UNBK ada 36 dengan bergabung di SMPN 1 Karangploso .

Karena sifatnya bergabung jadwal simulasi peserta didiknya hanya waktu pelaksanaanya waktunya dua hari mulai tanggal 14-15 February dengan waktu pelaksanaan ujian jam pertama mulai 12.30-14.00 dan jam.kedua mulai 14.00-16.30. ” Yah soal yang buat dari mkks satap dibuat seolah olah mirip agar anak anak sudah bisa memetakan soal soal yang akan keluar ,” ujar Ari.(met/tw)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional